Pengalaman Unik Saat Kamu Tertidur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui !
Pengalaman Unik Saat Kamu Tertidur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui   - Hamdan tidur,merupakan,kegiatan,mengistirahatkan,tubuh,yang,pasti,dilakukan,oleh,setiap,orang,tidur,dibutuhkan,untuk,memulihkan,stamina,pikiran,yang,energinya,terkuras,setelah,beraktivitas,sehari-hari
Tidur merupakan kegiatan mengistirahatkan tubuh yang pasti dilakukan oleh setiap orang. Tidur dibutuhkan untuk memulihkan stamina dan pikiran yang energinya terkuras setelah beraktivitas sehari-hari.

Saat tidur ternyata ada momen-momen yang pasti pernah kamu alami. Mulai dari mimpi, mendengkur, bahkan tidur sambil berjalan. Berikut ini adalah beberapa penjelasan seputar kejadian yang kita alami saat tertidur.

1. Perasaan Seakan Terjatuh (Hypnagogic Jerk)
Perasaan Seakan Terjatuh  Hypnagogic Jerk
sleepadvisor.org

Pernahkah kamu mengalami kejadian tersentak bangun saat mulai sedang bermimpi? Jika pernah, itu artinya kamu mengalami Hypnogagic Jerk. Biasanya bermimpi seolah-olah jatuh dari atas jurang, langit, atau tersandung. Penyebab dari kejadian ini adalah kurang tidur, kelelahan dan rasa tidak nyaman.

2. Kelumpuhan Saat Tidur (Sleep Paralysis)
Kelumpuhan Saat Tidur  Sleep Paralysis
Stuff.co.nz

Kalau pengalaman ini agak creepy juga jika dikaitkan dengan hal ghaib. Namanya erep-erep, atau tidur ketindihan. Sebagian orang percaya jika ada makhluk halus yang menindihi kita saat mengalami hal ini. Padahal, jika dijelaskan secara ilmiah, fenomena ini disebut Sleep Paralysis. Saat tidur, kita memasuki fase REM (Rapid Eye Movement) yaitu kondisi dimana kita bermimpi dan otot tubuh benar-benar istirahat. Kelumpuhan tidur terjadi saat fase REM belum selesai sepenuhnya dan otot tubuh belum dapat digerakkan. Makanya, seolah kamu lumpuh dan nggak bisa bergerak.

3. Tenggorokan Menyempit
Tenggorokan Menyempit
mdzol.com

Pada saat kita tidur mungkin kita akan mengdengkur, padahal saat sadar kita nggak ada masalah dengan tenggorokan dan merasa nafas kita baik-baik saja. Namun kenapa saat tidur kita ngorok? Hal ini disebabkan ukuran tenggorokan akan mengecil lada saat tertidur. Pengecilan dan penegangan tenggorokan inilah yang memicu kita untuk mendengkur.

4. Bermimpi
Bermimpi
guardianlv.com

Mimpi adalah pengalaman yang kita alami saat tertidur. Saat bermimpi, kadang kita bermimpi indah dan sering juga mimpi buruk sampai bercucuran keringat. Kenapa kita bisa bermimpi? Sampai saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana otak dapat menciptakan sebuah mimpi. Tapi seperti kita ketahui bahwa otak menciptakan mimpi berdasarkan pengalaman yang kita alami yang dikeluarkan saat di alam bawah sadar. Pengalaman baru yang digabungkan dengan informasi yang tersimpan bertahun-tahun misalnya memori, trauma, emosi, kesedihan, akhirnya menciptakan perasaan misterius dan kadang menyeramkan di alam bawah sadar kita.

5. Berjalan Saat Tidur (Sleep Walking)
Berjalan Saat Tidur  Sleep Walking
vijesti.rtl.hr

Kebiasaan ini memang sangat jarang dialami oleh manusia. Namun, saat seseorang mengalami hal ini akan sangat berbahaya !. Banyak bahaya mengancam misalnya resiko terbentur atau terjatuh saat mengalami sleep walking. Banyak penyebabnya mulai dari faktor genetik, kurang tidur,stress, obat-obatan tertentu sampai gangguan kejiwaan.

Sumber : ruangguru.com

    Dilihat .
Saran dari Discover
30 Agustus 2017

10 Rasa Indomie yang Mungkin Kamu Nggak Tahu Beneran Ada

13 Desember 2017

Pria Terseksi dari Tahun 1990 Hingga Awal 2000-an Versi People Magazine. Siap-siap Melongo!

20 Juni 2019

3 Tahun Hiatus, Lee Hi Kembali Dengan Konsep Lebih Dewasa

20 Mei 2018

Serem Gila! Bukan Hanya Lintah, 10 Hewan Vampir Ini Juga Suka Menghisap Darah