I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Horor! Suku-Suku Ini Terkenal Sebagai Pemburu Kepala Paling Mengerikan di Dunia

Horor Suku-Suku Ini Terkenal Sebagai Pemburu Kepala Paling Mengerikan di Dunia
Beberapa suku ini memiliki keahlian memenggal kepala yang luar biasa.
Beberapa suku pedalaman di masa lalu, kerap kali melakukan perburuan kepala manusia. Tujuannya bisa macam-macam, mulai dari untuk upacara kedewasaan hingga sebagai pengakuan diri ketika berperang memperebutkan kekuasaan. Meskipun zaman sekarang praktik seperti ini sudah banyak ditinggalkan. Namun, jika kamu ingin tahu beberapa suku yang sangat ahli dan paling tersohor dalam berburu kepala, berikut ini daftarnya.

1. Suku Shuar di Peru dan Ekuador

Kwikku, Suku Shuar di Peru dan Ekuador
Sumber: wikimedia.org

Suku Shuar tinggal di pedalaman hutan Amazon, yang terapit dua negara yaitu Peru dan Ekuador. Suku ini dikenal memiliki banyak tradisi mengerikan, salah satunya adalah untuk berburu kepala manusia. Kepala-kepala yang mereka buru biasanya digunakan sebagai tsantsa lias jimat. Selain itu, semakin banyak kepala yang dikoleksi, semakin tinggi pula kedudukan orang tersebut. Edmundo Bielawski bahkan pernah mendokumentasikan bagaimana suku ini mengawetkan dan menyusutkan kepala buruannya.

2. Suku Maori di Selandia Baru

Kwikku, Suku Maori di Selandia Baru
Sumber: sportourism.id
Suku Maori yang berada di Selandia Baru, dulunya sangat sering berburu kepala manusia, terutama mengoleksi kepala musuh-musuh mereka. Selain dijadikan hiasan, kepala tersebut juga dipakai untuk alat menghisap tembakau. Semakin banyak kepala yang dikoleksi memang menandakan semakin superior orang tersebut. Praktik ini sudah dihentikan tetapi sebagai bukti sejarah, seorang misionaris Perancis pernah membawa salah satu hiasan kepala milik Suku Maori. Meskipun harus dikembalikan ke Selandia Baru sebagai warisan budaya.

3. Suku Igorot di Filipina

Kwikku, Suku Igorot di Filipina
Sumber: rubylane.com
Dahulu, Suku Igorot yang mendiami Filipina memiliki praktik perburuan kepala manusia. Tujuannya bisa bermacam-macam, mulai dari sebagai alasan untuk memperebutkan kekuasaan, tumbal, persembahan musim panen, hingga persembahan pernikahan. Selain itu, yang boleh melakukan perburuan juga hanya para prajurit yang pernah menang berperang. Namun, praktik ini mulai ditinggalkan sejak masuknya Agama Kristen ke dalam suku ini.

4. Suku Atayal di Taiwan

Kwikku, Suku Atayal di Taiwan
Sumber: staticflickr.com
Di Taiwan pun ada suku yang mendiami gunung terpencil bernama Suku Atayal. Warga suku ini selalu menganggap orang asing yang masuk ke wilayah mereka adalah musuh, sehingga akan langsung memburunya dan memenggal kepalanya. Kepala-kepala tersebut biasnya dipajang di rak di depan desa. Bahkan ada pula yang ditancapkan di kayu seperti piala.

5. Suku Aztec di Meksiko

Kwikku, Suku Aztec di Meksiko
Sumber: okezone.com
Sudah banyak diketahui bahwa Suku Aztec memiliki ritual-ritual pengorbanan manusia. Salah satu kegemaran mereka pun berburu kepala musuh-musuh yang nantinya akan dikumpulkan dalam Tzompanti, alias wadah berupa rak kayu. Kegiatan ini memakan banyak sekali korban. Bahkan dari catatan Fray Diego Duran dan Bernard Ortiz de Montellano, telah ditemukan 60 ribu tengkorak manusia di Kuil Tenochtitlan.

6. Suku Dayak Laut - Borneo

Kwikku, Suku Dayak Laut  Borneo
Sumber: blogspot.com
Terakhir adalah Suku Dayak Laut atau Orang Iban, yang biasanya mendiami wilayah pesisir di sekitaran Kalimantan Barat, Brunei dan Sarawak, Malaysia. Suku ini dikenal hingga ke mancanegara berkat keahlian mereka berburu kepala manusia, terutama kepala musuh-musuh mereka.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Mengerikan, Deretan Eksekusi Hukuman Paling Sadis di Berbagai Negara
10 Aktor dan Aktris yang Memerankan Karakter Berusia Jauh di Atas Usia Mereka Sendiri
Koplak, Inilah 7 Kelakuan Orang yang Gak Mau Jauh-Jauh Dari Kenyamanan, Bikin Semua Orang Heran
Komentar