I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Klasifkasi Makhluk Menakutkan(Hantu, Siluman dan Sejenisnya) di Anime Part 3: Anime dengan Oni

Klasifkasi Makhluk MenakutkanHantu Siluman dan Sejenisnya di Anime Part 3 Anime dengan Oni
Salah satu jenis yokai lainnya yang terkenal dengan hal-hal menyeramkan, oni. Akan kita bahas sedikit dan melihat anime apa saja yang berkaitan dengan makhluk satu ini.
Cocok buatmu
Konnichiwa, Kwikkers.

Di ulasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai bakemono dan yurei. Namun, ada sub yokai satu lagi yang perlu kita ulas yaitu oni. Lalu, apa itu oni? Oni adalah semacam roh atau dewa yang tidak terlihat, biasanya makhluk ini bisa menimbulkan kehancuran, keburukan, dan hal-hal buruk lainnya. Seiring berjalannya waktu, oni digambarkan sebagai sosok yang mengerikan, sangat besar, dengan rambut panjang, tanduk dan cakar. Mereka biasanya berwarna merah atau pun biru. Kalau di Indonesia sendiri bentuknya mungkin mirip buto alias siluman raksasa. Akan tetapi, oni ini bukan siluman melainkan iblis. Inilah mengapa mereka sangat identik dengan kejahatan.

Di anime sendiri, tentu bentuk oni sudah dibuat lebih bervariasi. Malah ada yang terlihat sangat cakep. Namun, biasanya wujud 'cakep' ini seperti hanya untuk mengelabuhi manusia supaya manusia tidak takut. Kalau sudah berubah ke wujud asli, biasanya memang sangat menakutkan. Secara, mereka adalah iblis.

Contoh anime yang mengangkat tema oni adalah sebagai berikut.

1. Kuroshitsuji

Kwikku, Kuroshitsuji
Sumber: myanimelist.net
Di anime Kuroshitsuji, yang berperan sebagai oni atau iblis adalah Sebastian. Nama aslinya tidak ada yang tahu karena nama Sebastian sendiri merupakan pemberian Ciel. Di anime ini, Sebastian digambarkan sangat tampan, terampil dalam urusan rumah tangga, dan pandai berkelahi. Dia memiliki kontrak dengan Ciel, sehingga ia tampak sangat setia pada tuannya tersebut. Namun, jika kontrak selesai, Sebastian akan memakan jiwa Ciel suatu hari nanti, karena memang itu perjanjiannya.

2. Makai Ouji: Devils and Realist

Kwikku, Makai Ouji Devils and Realist
Sumber: myanimelist.net
Di anime ini, ada banyak sekali oni yang diperlihatkan tetapi dengan wujud yang luar biasa tamvan dan cantik. Para oni ini memperebutkan kepercayaan dari titisan Solomon yang bernama William. Namun, karena William adalah seorang yang realistis, dia sangat tidak percaya dengan yang namanya iblis, hantu atau apalah itu. Hal ini yang membuat sulit para iblis untuk membujuk William dalam memilih mereka.

3. Ao no Exorcist

Kwikku, Ao no Exorcist
Sumber: youtube.com
Kalau kamu suka nonton anime bertema iblis/oni pasti tidak asing dengan Ao no Exorcist. Pemeran utamanya sendiri adalah keturunan iblis, sehingga memiliki kekuatan yang luar biasa dan kadang digambarkan punya ekor. Namun, bukannya menjadi iblis jahat, sang pemeran utama malah menjadi iblis baik yang memerangi ayahnya sendiri.

4. Beelzebub

Kwikku, Beelzebub
Sumber: worldwithouthorizons.com
Beelzebub juga merupakan anime yang mengangkat tema oni. Meskipun ceritanya cenderung banyak humornya, tetapi kamu tidak bisa menyingkirkan fakta bahwa Bayi Beel adalah anak iblis. Dia adalah Beelzebub yang sedang mencari partner supaya dia bisa tumbuh dan kelak menjadi iblis sejati yang kuat. Akhirnya, Bayi Beel bertemu dengan Oga Tatsumi yang merupakan brandal dengan kekuatan luar biasa.

Itu tadi adalah beberapa anime yang bertema oni. Tentu saja masih banyak anime dengan tema seperti itu. Kalau Kwikkers punya anime oni favorit, silahkan tulis di kolom komentar, yha.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Menu Gubukan Ini Tak Kalah Lezat dan Cocok Untuk Menghemat Budget Resepsi Pernikahanmu
Review Episode 1 Hataage! Kemonomichi, Anime Isekai Menghibur yang Cukup Menimbulkan Gelak Tawa
5 Potret Generasi Kids Jaman Now yang Sangat Menginspirasi, Sangat Berbeda Dengan Anak-Anak Lainnya
Komentar