I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Inilah Dakhma, Pemakaman Terbuka Dimana Mayat Sengaja Diletakkan untuk Jadi Hidangan Burung

Inilah Dakhma Pemakaman Terbuka Dimana Mayat Sengaja Diletakkan untuk Jadi Hidangan Burung
Setiap agama memiliki cara sendiri untuk melakukan ritual pemakaman. Itu pula yang terjadi pada agama Zoroastrianism.
Kwikkers, ternyata selain masyarakat pegunungan Tibet yang melakukan ritual menyeramkan kepada jenazah, di India pun ada hal serupa. Sebuah agama tua di India, ternyata juga tidak menguburkan mayat-mayat keluarga mereka maupun mengremasinya, tetapi di letakkan di sebuah pemakaman terbuka yang disebut Dakhma. Pemakaman dengan bentuk menara dan lubang besar di tengahnya ini menyimpan banyak sekali tulang-tulang manusia. Sedangkan di bagian atasnya, bergeletakan jasad yang masih berdaging. Untuk mengetahuinya lebih jelas, mari ulas lebih dalam mengenai Dakhma atau yang juga disebut sebagai Tower of Silence.


1. Sejarah Dakhma dan Keyakinan Zoroastrians

Kwikku, Sejarah Dakhma dan Keyakinan Zoroastrians
Sumber: http://zoroastrianismscm.weebly.com
Sebuah agama tua bernama Zoroastrians adalah agama yang pengikutnya menganut ajaran dari Nabi Zoroaster. Agama ini sudah ada sejak abad ke 6. Agama ini cukup menghormati hal-hal berunsur api. Sedangkan tujuannya pun sama seperti agama kebanyakan, yakni mengajak manusia semakin dekat dengan Tuhan, membuat pembaharuan dan kemajuan dunia sehingga menjadi dunia yang sempurna sesuai ajaran Zoroaster.

Namun, ada sedikit perbedaan keyakinan mengenai mayat dari agama Zoroastrians, yakni mereka menganggap bahwa mayat adalah sesuatu yang bisa mencemari dunia, dalam hal ini mencemari elemen termasuk elemen bumi, api, air dan juga udara. Hal inilah yang membuat penganut Zoroastrians tidak menguburkan maupun membakar jenazah dari orang yang sudah meninggal. Akhirnya mereka pun membuat pemakaman sendiri yang disebut sebagai Dakhma.


2. Mayat yang Diletakkan di Atas Dakhma dan Tata Caranya

Kwikku, Mayat yang Diletakkan di Atas Dakhma dan Tata Caranya
Sumber: boombastis.com
Berbeda dengan beberapa ritual yang biasanya memberikan mayat manusia untuk dimakan burung, penganut Zoroatrians memiliki tata cara sendiri ketika meletakkan mayat di Dakhma. Bahkan ada strata atau hierarkinya sendiri. Pertama, mayat dikelompokkan sesuai jenis kelamin, lalu digolongkan berdasarkan usia. Bahkan sebelum diletakkan di Dakhma, mayat akan disimpan dulu di dalam rumah.

Ketika mayat-mayat sudah tinggal tulang belulang karena dagingnya habis dimakan burung pemakan bangkai, tulang-tulangnya akan digelundungkan ke lubang di tengah-tengah Dakhma. Di lubang tersebut, semua tulang dari jenazah pengikut Zoroastrians disimpan.


3. Kondisi Mayat di Dakhma

Kwikku, Kondisi Mayat di Dakhma
Sumber: http://anomalyinfo.com
1
1 none
Yang mungkin kamu suka
5 Side-Karakter Anime Ini Sering Dianggap Lebih Menarik Ketimbang Tokoh Utama
Ini Loh 5 Sinetron Horor Jadul yang Selalu Bikin Takut Tidur Sendirian
Anak Hitz Kekinian Pasti Punya 5 Hal Ini, Kalian Punya Gak?
Komentar