F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Akan Membuatmu Kangen Kota Ini!

Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Akan Membuatmu Kangen Kota Ini
Semarang adalah Ibu Kota dari Jawa Tengah. Kota ini menjadi kota yang memiliki dua budaya, yaitu Jawa dan Tionghoa, yang sanggup hidup harmonis dan berdampingan.
Cocok buatmu

Semarang adalah Ibu Kota dari Jawa Tengah. Kota ini menjadi kota yang memiliki dua budaya, yaitu Jawa dan Tionghoa, yang sanggup hidup harmonis dan berdampingan. Semarang tentunya memiliki tempat-tempat wisata yang pastinya bikin kamu wajib mengunjunginya. Tapi jangan pulang dulu sebelum membeli oleh-oleh khas Semarang. Yuk langsung aja lihat daftarnya!

1. Lumpia

Kwikku, Lumpia
Sumber: beritainfo.web.id

Lumpia adalah jajanan tradisional asli Semarang. Lumpa sendiri berisi rebung ayam manis dan gurih, serta dibalut kulit yang renyah. Kalian mudah kok untuk mencari Lumpia Semarang di kota aslinya. Di di toko oleh-oleh pun ada. Tapi, kalian bisa langsung mampir ke Gng Lombok yang merupakan tempat asli di mana resep lumpia di ciptakan.


2. Roti Ganjel Rel

Kwikku, Roti Ganjel Rel
Sumber: tokomesin.com

Roti Ganjel Rel? Kayak gimana ya makanannya? Walaupun menyandang nama unik dan aneh, roti ini mempunyai cita rasa khas yang istimewa. Bahan-bahan untuk membuat roti ini adalah tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai aroma sedapnya. Kemudian di bagian topping, ditaruhlah wijen. Tekstur roti ini keras dan berwarna coklat, mirip dengan bantalan rel kereta api, sehingga masyarakat menamainya demikian. Untuk membawa pulang roti ini, mampir ke Jl. Pandanaran ya.


3. Tahu Bakso

Kwikku, Tahu Bakso
Sumber: pengusahadahsyat.com

Tahu Bakso khas Semarang adalah makanan wajib untuk menemani soremu sembari minum teh. Memiliki rasa yang nikmat, makanan yang satu ini mantap banget kalau disantap dengan cabe rawit. Ada dua varian tahu bakso ini yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Kalau bingung memilih, beli dua-duanya deh. Pasti nggak akan nyesel. Bu Pudji adalah orang dibalik ketenaran tahu bakso di Semarang pada tahun 1995. Kalian bisa menemukan tahu bakso ini di Jl. Pandanaran.

4. Mochi/Moaci Gemini

Kwikku, MochiMoaci Gemini
Sumber: tokopedia.com

Kue Mochi adalah kue tradisional khas Jepang. Tapi di Semarang, ini juga menjadi salah satu oleh-oleh utama wisatawan. Moaci Gemini ini terbuat dari tepung adonan tepung ketan yang beisi kacang cincang dan gula. Memiliki tampilan bulat, dan ukurannya yang kecil, serta biji wijen di atasnya, menambah keimutan jajan ini. Moaci Gemini terletak di Jl. Kentangan Barat 101.

5. Bandeng Juwana

Kwikku, Bandeng Juwana
Sumber: bnizona.com

Kalian pecinta ikan? Wajib mampir ke Bandeng Juwana Erlina ini deh! Kalian berasa masuk ke surganya aneka olahan yang maknyus dari ikan bandeng. Kalian bisa menjadikan oleh-oleh beberapa olahannya seperti bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak-otak bandeng. Selain bandeng, kalian juga akan menemukan sate bandeng, bandeng tauco dan juga gudeg bandeng.

6. Wingko Babat

Kwikku, Wingko Babat
Sumber: food.detik.com

Jajanan yang satu ini emang bukan asli Semarang, tapi asli Kecamatan Babat yang berada di Lamongan. Makanan ini memiliki bentuk bulat dengan rasa legit, dan ukurannya yang berbeda-beda. Wingko ini memiliki perpaduan rasa yang lezat, berasal dari kelapa muda pilihan dan gula. Wingko yang tenar di Semarang adalah Wingko Babat Cap Kereta Api, yangberalamat di Jl. Cenderawasih 14. Pemiliknya berasal dari Kecamatan Babat, dan memperkenalkan jajanan ini di Semarang.

7. Brilian Super Cake

Kwikku, Brilian Super Cake
Sumber: ksmtour.com

Roti Brilian ini dibuat dari bahan-bahan pilihan dan tetap memakai resep kuno secara turun temurun, dan tentunya rasanya tetap asli dari dulu. Roti ini menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh pelancong. Pasalnya, banyak rasa yang bisa kalian pilih dari almond, cokelat, keju dan kismis. Alamat lengkapnya di Jl. Simpang Lima.

8. Kaos Costa Brava van Java

Kwikku, Kaos Costa Brava van Java
Sumber: ulfatunwidiastuti.blogspot.com

Semarang juga memiliki kaos khasnya lho! Tak hanya Jogja dengan Dagadunya, Bali dengan Jogernya dan Surabaya dengan Cak Cuknya. Kaos ini adalah kaos asli buatan remaja kreatif Semarang. COsta Brave adalah sebuah kota pantai cantik di Eropa, untuk mengenang kecantikannya, penjajah di Semarang menjuluki kota ini dengan nama itu. Design kaos ini tentunya Semarang banget. Selain kaos ada suvernir lain sepert mug, gantungan kunci dan tas. Kantornya beralamat di Jl. Tlogosari III No. 32A, Tembalang.


9. Batik Semarangan

Kwikku, Batik Semarangan
Sumber: jateng,tribunnews.com

Rupanya, malang juga memiliki batik khasnya sendiri lho. Dengan motif yang unik dan berbeda dari batik lainnya, membuatnya pantas untuk kamu jadikan oleh-oleh. Motif yang mereka tawarkan adalah gambaran landmark di kota semarang ini seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk dan Tugu Muda. Datang saja ke Kampung Batik Semarang yang berada di Jl. Batik.

10. Beraneka Macam Cinderamata d Kampoeng Semarang

Kwikku, Beraneka Macam Cinderamata d Kampoeng Semarang
Sumber: solopos.com

Oleh-oleh di atas tetap membuatmu bingung? Langsung mampir ke Kampoeng Semarang aja. Di sini menyediakan banyak sekali kerajinan tangan asli UKM-UKM di Semarang. Berletak di Jl Raya Kaligawe No. 96, tempat ini sudah pasti menyediakan oleh-oleh yang kamu inginkan.

1
1 none
Yang mungkin kamu suka
Viral, Dua Bocah SMP Menikah di Usia 15 tahun ! Udah "Nggak Tahan" Banget Kali ya ?
Humor Sejenak : Sedikit Joke tentang "siswa" Belajar
Berhenti atau Lanjut: Inilah Tanda Cewek Nolak Kamu
Komentar