F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Objek Wisata Bersejarah di Blitar Yang Membantu Menambah Wawasanmu!

Objek Wisata Bersejarah di Blitar Yang Membantu Menambah Wawasanmu
Blitar, adalah kota kelahiran sang Proklamator kita, Ir. Soekarno. Di balik nama kota Blitar, ternyata ada makna tersendiri.
Cocok buatmu

Blitar, adalah kota kelahiran sang Proklamator kita, Ir. Soekarno. Di balik nama kota Blitar, ternyata ada makna tersendiri. Blitar yang artinya pada awalnya bernama Balitar, yang berarti "Kembalilah Tartar”. Tartar sendiri adalah nama suku dari Mongolia yang menguasai daerah Blitar pada mulanya. Kemudian Raja Majapahit mengutus Nilasuwarna untuk mengusir Suku Tartar dari Mongolia.

Itulah sedikit ulasan asal mula nama kota Blitar. Sekarang, kita akan mengulas beberapa lokasi objek wisata bersejarah di Blitar. Ingin menambah ilmu sekaligus jalan-jalan? Mari kita ulas!

1. Candi Penataran

Kwikku, Candi Penataran
Sumber: tempat.co.id

Di sinilah konon katanya, tempat Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, sebagai janji untuk menyatukan wilayah Nusantara di Bawah panji Majapahit. Berlokasi di kaki Gunung Kelud, tepatnya di desa Penataran, Kecamtan Nglegok, Kabupaten Blitar. Tentu saja tempat ini berhawa sejuk karena berada di kaki gunung.

Candi Penataran merupakan kompleks percandian paling besar dan paling terawat di proinsi Jawa Timur. Candi ini ditemukan pada tahun 1815, dan masih sedikit yang mengetahui tentang candi ini. Sir Thomas Stamford Raffles adalah orang yang menemukan Candi Penataran ini. Ia adalah Letnan Gubernur Jendral pada masa kolonial Inggris di Indonesia pada kala itu.

2. Makam Bung Karno

Kwikku, Makam Bung Karno
Sumber: kompasiana.com

Ini adalah tempat wisata di Blitar ang wajib dikunjungi. Hanya berjarak 3 km dari pusat kota Blitar, tempat ini tak pernah sepi pengunjung, entah itu di hari biasa maupun hari libur. Makam Bung Karno memiliki lahan yang luas sehingga bangunan lain yang didirikan juga lumayan luas. Kamu tidak akan dikenakan biaya untuk mengunjungi tempat ini, kecuali jika kamu membawa kendaraan pribadi ya. Makam Bung Karno adalah sebuah bangunan yang berbentuk joglo khas Jawa, dan di dalamnya terdapat makam Bung Karno sendiri, dan didampingi oleh makam kedua orang tua beliau.

Di kompleks Makam Bung Karno, terdapat juga sebuah perpustakaan, yang menyimpan buku-buku dan tulisan Bung Karno. Kalau kalian ingin mengetahui Bung Karno lebih dalam, silakan kunjungi perpus ini. Selain perpustakaan, ada juga Museum Bung Karno yang menyimpan benda-benda milik Bung Karno pada saat beliau masih hidup. Ada juga lukisan Bung Karno yang mana lukisan itu berdetak seakan-akan beliau masih hidup.

3. Istana Gebang

Kwikku, Istana Gebang
Sumber: citizen.liputan6.com

Bangunan ini adalah tempat tinggal kedua orang tua Bung Karno. Rumah ini menjadi saksi sejarah tumbuh kembangnya Ir. Soekarno sendiri, serta sebagai objek wisata yang sampai sekarang masih banyak sekali pengunjung yang datang melihat-lihat rumah ini. Rumah ini berlokasi di desa Gebang, dan hanya berjarak sekitar 2 km dari Makam Bung Karno.

4. Monumen Trisula

Kwikku, Monumen Trisula
Sumber: id.wikipedia.org

Untuk mengenang dan memperingati tragedi pembantaian PKI di daerah Blitar, Monumen Trisula ini dibangun. Monumen ini juga dijadikan tempat bersejarah. Tiap tanggal 14 Agustus, diadakan napak tilas dan melaksanakan tradisi pembaretan Wing Lintas Udara serta melaksanakan renungan atas jasa-jasa Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Trisula untuk memperingati perjuangan penumpasan PKI di daerah Blitar. Dan ternyata banyak masyarakat dan mahasiswa Jawa Timur yang berpartisipasi kegiatan ini di Monumen Trisula.

5. Arca Warak

Kwikku, Arca Warak
Sumber: youmutour.blogspot.com

Situs yang satu ini tidak seberapa terkenal dan tidak dapat menarik minat wisatawan. Tapi bagi sejarawan, Arca Warak menjadi objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Berlokasi di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, hanya berada sekitar 2 km sebelah timur laut Candi Penataran. Di sini, juga ditemukan beberapa artifak lainnya seperti kemuncak, lumpang, batu candi dan jaladwara. Jaladwara adalah salah satu unsur bangunan untuk mengalirkan air.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Inilah Para Pembunuh Bayaran Paling Sadis dan Terkenal di Dunia
Hewan-Hewan Ini Disiksa Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Manusia, Nomor 5 Bikin Pilu !
Angkasa: Suara Anak Sulung yang Perlu Dapat Dukungan
Komentar