F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Udah Tahu Belum? Indonesia Memiliki Mobil Listrik Ciptaan Sendiri Lho!

Udah Tahu Belum Indonesia Memiliki Mobil Listrik Ciptaan Sendiri Lho
Sempat beberapa tahun berkembang, belakangan 'bunga' mobil ramah lingkungan di Indonesia pun layu . Minimnya dukungan prasarana, dana riset dan aturan main dari pemerintah, mobil ramah lingkungan malah berjalan mundur.
Cocok buatmu

Sempat beberapa tahun berkembang, belakangan 'bunga' mobil ramah lingkungan di Indonesia pun layu . Minimnya dukungan prasarana, dana riset dan aturan main dari pemerintah, mobil ramah lingkungan malah berjalan mundur.

Padahal beberapa putra-putri terbaik bangsa Indonesia sudah sangat mampu membuat mobil ramah lingkungan, khususnya berbasis tenaga listrik. Konsumsi mobil listrik ini jauh lebih hemat daripada mobil yang menggunakan bahan bakar minyak. Benda ini mampu menempuh jarak sekitar kurang lebih 120 KM dengan hanya mengecharge yang hanya menghabiskan kurang lebih Rp 75000 lho! Jika kita bandingkan dengan mobil ber bbm, biaya yang kita keluarkan bisa mencapai 4x lipat dari mobil listrik. Wah sangat boros ya.

Masih banyak kelebihan-kelebihan mobil listrik terlepas dari biaya listrik. Yakni minim perawatan. Tidak perlu mengganti oli atau suku cadang yang berhubungan dengan mesin bakar. Kita hanya perlu pengecekan ban secara rutin. Minim emisi tentunya. Pembakaran yang dilakukan oleh mobil bbm sangat menimbulkan polusi. Namun dengan mobil listrik, kita tidak perlu melakukan pembakaran bahan bakar sehingga tidak mengeluarkan emisi sedikitpun. Kelebihan lain adalah senyap. Mesin yang digunakan dalam mobil listrik tentu berbeda dengan mobil bbm. Mesin tidak menimbulkan kebisingan sehingga akan terasa lebih nyaman dengan mengendarai mobil listrik. Di sisi security, kebanyakan mobil listrik memiliki Intelligent Transport System, yang mana akan berfungsi jika akan terjadi tabrakan, otomatis mobil akan mengerem sendiri. Canggih banget ya!

Nah setelah mendengar kelebihan-kelebihan tersebut, makin penasaran kan mobil listri karya anak bangsa seperti apa. Yuk kita simak beberapa deretan mobil listrik yang sudah pernah di produksi Indonesia.

Sumber foto: otomotif.metrotvnews.com

1. Tucuxi

Kwikku, Tucuxi
Sumber: wikipedia.org

Tucuxi yang berarti lumba-lumba merupakan mobil sport listrik karya Danet Suryatama pada 2012. Mobil ini menggunakan motor listrik berkekuatan 268 daya kuda, atau bisa disetarakan dengan mesin konvensional berkapasitas 3.000 cc. Baterai yang dipakai adalah Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) atau Nano Lithium, berkemampuan fast charging dengan masa pengisian hanya 3-5 jam. Bila baterai terisi penuh mobil ini mampu menempuh jarak 321 kilometer. Mobil yang berstatus prototipe bernasib nahas saat diuji coba Menteri BUMN Dahlan Iskan. Mobil yang dibangun di Yogyakarta itu mengalami kecelakaan di Magetan, Jawa Timur.

2. Gendhis

Kwikku, Gendhis
Sumber: inovasee.com

Gendhis merupakan mobil listrik kelas high MPV. Mobil ini juga merupakan buah karya Dasep Ahmadi dan dikerjakan di Bengkel Kupu-Kupu Malam pada 2013. Sekilas mirip Toyota Alphard dengan daya tampung enam penumpang. Mobil yang pernah menjadi kendaraan pendukung KTT APEC 2013 ini merupakan mobil ramah lingkungan yang terdiri dari mobil biodiesel dan listrik.

3. Selo

Kwikku, Selo
Sumber: brilio.net

Setelah Tucuxi, kini generasi selanjutnya yakni Selo. Mahakarya ini lahir berkat tangan dingin Ricky Nelson pada 2013. Mobil yang mirip dengan desain Lamborghini ini memiliki tenaga 182 daya kuda atau 130 kW. Pengisian baterainya hingga penuh memerlukan waktu sekitar empat jam dan sanggup menjelajah hingga 250 kilometer. Selain mampu ngebut hingga 150 km/jam, keunggulan Selo adalah fitur regenerative brake. Daya yang dihasilkan dari pengereman bisa digunakan sebagai pengisian baterai.

4. Evina

Kwikku, Evina
Sumber: andra-febrian.blogspot.com

Namanya merupakan singkatan dari Electric Vehicle Indonesia, diberikan oleh Direktur PLN Nur Pamudji. Mobil yang juga dikembangkan Dasep Ahmadi ini memang menggandeng PLN sebagai mitra.

Citycar dengan lima pintu ini menggunakan motor listrik yang sepadan dengan mesin 900 cc, berdaya 50 daya kuda. Tenaga disimpan dalam 36 dalam baterai lithium ion berkapasitas 21 kWh, dan sanggup menjangkau 135 km dalam sekali pengisian. Mobil ini sempat direncanakan untuk di produksi masal. Namun hingga kini nasibnya sama seperti mobil listrik karya anak bangsa lainnya, menguap tertelan rimba.

5. Bus Listrik Ahmadi

Kwikku, Bus Listrik Ahmadi
Sumber: busnesia.com

Bus ramah lingkungan ini menggunakan 132 sel baterai baterai lithium ferophospat 150 kwh serta memiliki sistem monitoring pengemudi. Motor listriknya dapat memproduksi tenaga 220 kW atau setara 294 daya kuda, dengan maksimal kecepatan 80 kilometer per jam. Bus ini sudah pernah diujicobakan dari Bandung, melalui Puncak, sampai ke Cibinong. PT Sarimas Ahmadi Pratama membanderol bus ini dengan harga mulai dari Rp1,2 Miliar.

6. Hevina

Kwikku, Hevina
Sumber: republika.co.id

nama Hevina. Mobil ini juga sudah beberapa melakukan uji coba di sekitar Jakarta. Hevnia menggandalkan motor listrik berdaya 62 daya kuda dengan torsi mencapai 156 Nm. LIPI mengklaim mobil ini mampu melaju hingga 140 kilometer per jam.


0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Perankan Milea, Vanessa Priscilia Sihir Cowok Dengan Kecantikannya. Awas Panas Dingin ya, Mblo!
Ini Dia Deretan Fakta Mencengangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Tak Selalu Bahagia Punya Gaji Bulanan, Ini 13 Derita Pekerja Kantoran
Komentar