F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Tahukah Kamu? Pria Kelahiran Blitar Memiliki Kontribusi Besar Pada Dunia Penerbangan!

Tahukah Kamu Pria Kelahiran Blitar Memiliki Kontribusi Besar Pada Dunia Penerbangan
Dulu, pesawat membutuhkan 3 orang untuk berada didalam kokpit. Satu orang tambahan tersebut adalah Flight Engineer atau bahasa Indonesianya adalah Insinyur Penerbangan.

Dulu, pesawat membutuhkan 3 orang untuk berada didalam kokpit. Satu orang tambahan tersebut adalah Flight Engineer atau bahasa Indonesianya adalah Insinyur Penerbangan. Akan tetapi, dunia penerbangan sekarang hanya membutuhkan 2 orang pilot untuk menerbangkan pesawat. Siapa lagi kalau bukan berkat pak Wiweko Soepono.

1. Tentang Wiweko

Kwikku, Tentang Wiweko
Sumber: blitarian.com

Wiweko Soepono, kelahiran Blitar, Jawa Timur, 18 Januari 1923. Ia terlahir dari keluarga yang bisa dibilang beruntung. Ia bisa melanjutkan pendidikan di sekolah kolonial layaknya anak bangsawan. Ia sangat menyukai bidang kedirgantaraan sejak keluarganya pindah ke Jogjakarta. Minatnya di bidang kedirgantaraan meningkat ketika ia bersekolah di Bandung. Saat kemerdekaan RI, ia bergabung dalam AURI (sekarang bernama TNI AU) dan bertemu dengan teman seidenya : Nurtanio. Bersama dengan RJ. Salatun, mereka disebut trio penerbangan RI. Mereka banyak menciptakan prototipe pesawat yang menjadi cikal bakal AURI.

2. Awal Mula Ide Wiweko

Kwikku, Awal Mula Ide Wiweko
Sumber: netz.id

Pada tahun 1977, Garuda akan membeli pesawat bertipe widebody yang berjarak tempuh pendek-menengah buatan Airbus Industrues, bertipe A300. Di saat Wiweko berkunjung ke pabrik Airbus di Prancis, Wiweko diberi kesempatan untuk mencoba menerbangkan A300. Ia bersama dengan Chief Pilot yang bernama Pierre Baud, dan Vice President Airbus Industries sendiri, Roger Beteille. Wiweko ngobrol tentang pembelian dan performa pesawat A300, yang merupakan produk pertama Airbus.

Lalu, Wiweko melontarkan pertanyaan "Apa kerjanya orang yang duduk di belakang saya itu?” Kedua orang yang bersamanya dibikin heran olehnya, sebab Wiweko sudah memiliki ribuan jam terbang dan memilki keahlian di bidang kedirgantaraan, namun dia tidak mengerti fungsi orang di belakangnya. Akhirnya mereka menjawab "DIa adalah Flight Engineer (Insinyur Penerbangan)”. Setelah itu Wiweko kembali bertanya "Buat apa ada Flight Engineer?”. Secara perlahan, perwakilan Airbus Industries mulai memahami maksud dari Wiweko Soepono.

Maksud dari beliau adalah kenapa pesawat yang sudah sebegitu canggihnya masih diterbangkan oleh 3 orang pilot. Wiweko tidak melihat peranan Flight Engineer yang signifikan. Dia merasa bahwa jumlah awak kokpit tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan. Wiweko sendiri pernah memodifikasi pesawat Beechcraft Super H-18 milik BI menggunakan perangkat yang canggih, dan dia berhasil membuat awak kokpit hanya menjadi 1 pilot. Dan juga ia pernah mengurangi kokpit DC-8 Garudai dari 5 orang menjadi 3 orang saja. Katanya, efisiensi perusahaan dalam SDM lebih penting. 

3. Gagasan Wiweko Dianggap Berbahaya

Kwikku, Gagasan Wiweko Dianggap Berbahaya
Sumber: aviahistoria.com

Setelah mendengar keluh kesah Wiweko tentang efisiensi awak kokpit pada pesawat, Airbus menggaet Wiweko untuk merancang pesawat dengan 2 awak kokpit. Hasil ciptaan mereka dinamai Two Man Crew Cockpit dan pesawat yang mereka buat bernama A300-B4 FCC (Forward Facing Crew Cockpit). Setelah FFCC dirilis dan diluncurkan, banyak pihak yang menentang penggunaan Two Man Crew Cockpit karena dinilai berbahaya.

4. Namun Semua Berjalan Dengan Lancar

Kwikku, Namun Semua Berjalan Dengan Lancar
Sumber: linkedin.com

Namun seiring berjalannya waktu, Two Man Crew Cockpit hampir digunakan pada seluruh pesawat komersial. Penggunaan cockpit 2 pilot memiliki manfaat yang begitu besar. Perusahaan penerbangan dapat menghemat pengeluaran mereka karena melakukan efisiensi dan peningkatan efektivitas SDM. Awalnya Airbus ingin memberikan sebutan cockpit 2 awak tersebut "WIweko Cockpit. Tapi beliau menolak penghargaan tersebut dengan halus dan meminta menamai cockpit itu menjadi "Garuda Design Cockpit”.

1
1 none
Yang mungkin kamu suka
Akun Instagram Velvet Coke, Beberkan Foto Lama Para Bintang Papan Atas Layaknya Masyarakat Biasa
Daftar pemain sepakbola Indonesia berdarah Maluku
Tidak Ada Hubungan Darah, Seleb Tanah Air Ini Punya Kembaran Bintang Hollywood
Komentar