Hutomo D Menulis artikel
@symphonia86

Terkedjoet! Ternyata Cerita-cerita dalam One Piece Ini Sebelumnya Nggak Direncanakan Oda-sensei

Terkedjoet Ternyata Cerita-cerita dalam One Piece Ini Sebelumnya Nggak Direncanakan Oda-sensei
Banyak hal di luar rencana Oda-sensei untuk menyampaikan cerita One Piece.

Berjalan panjang selama 20 tahun, cerita manga dan anime One Piece karangan Eiichiro Oda memang selalu menyimpan banyak kejutan. Ternyata belakangan ini di tahun 2017 terungkap beberapa kejutan itu nggak direncanakan dari awal oleh Oda sendiri! Hal-hal itu diakui oleh Eiichiro Oda selaku sang mangaka melalui sejumlah wawancara di majalah One Piece Log dan One Piece Magazine. Apa saja cerita yang nggak direncanakan oleh Oda-sensei?

1. Vivi merupakan putri kerajaan

Kwikku, Vivi merupakan putri kerajaan
Sumber: duniagames.co.id

Di majalah One Piece Log ke-21 yang terbit pada tanggal 23 Juni 2017 kemarin, Oda mengungkapkan bahwa dia tidak pernah berencana membuat Nefeltari Vivi memiliki identitas asli sebagai putri Kerajaan Alabasta. Awalnya Oda hanya menganggapnya sebagai agen Baroque Works saja.

Namun perlahan-lahan, dia menyadari kalau Vivi mempunyai penampilan yang "keputri-putrian" saat dia menggambar Vivi dengan rambut terurai. Dalam hati Oda mulai bertanya-tanya, "Bagaimana kalau perempuan ini ternyata adalah Putri Alabasta?". Dan begitu saja, Miss Wednesday akhirnya menjadi putri kerajaan Alabasta.

2. Lucci jadi tokoh antagonis

Kwikku, Lucci jadi tokoh antagonis
Sumber: duniagames.co.id

Lalu di One Piece Log ke-22 yang terbit pada 28 Juli 2017 mangaka asal Prefektur Kumamoto, Jepang, itu menyebutkan kalau Franky bergabung sebagai mekanik kapal dan 'kepergian' Going Merry sudah direncanakan sejak awal pembuatan arc Water 7. Oda juga sengaja membuat banyak karakter ahli kapal di cerita itu serta membuat Franky menyebalkan agar dibenci para pembaca dan nggak menduga kalau dia-lah yang justru bergabung dengan kru Topi Jerami.

Saat sudah mendesain banyak karakter, barulah Oda memikirkan siapa yang paling cocok menjadi tokoh antagonis dalam arc ini . Tidak pikir panjang (sepertinya), Oda memilih tokoh berpenampilan paling mencolok mata, "Ok. Ayo gambar orang aneh dengan burung merpati ini sebagai penjahat! Ya, dia adalah Rob Lucci!".

3. Shichibukai dan tamat yang tertunda

Kwikku, Shichibukai dan tamat yang tertunda
Sumber: duniagames.co.id

Ternyata awalnya Oda hanya berencana untuk menamatkan manga ini dalam kurun waktu 5 tahun, namun jadi molor gara-gara kemunculan Shichibukai. Oda mengakui hal tersebut melalui One Piece Log ke-23 yang terbit pada 25 Agustus 2017. Di dalamnya dia mengungkapkan bahwa aslinya One Piece hanya menceritakan pertempuran melawan bajak laut mengerikan Yonko. Namun di tengah jalan dia memikirkan ide soal Shichibukai dan berpikir, "Sepertinya akan sangat keren kalau para karakter ini muncul!". Dan kehadiran mereka akhirnya malah bikin serial ini makin panjang. Oda sendiri mengaku dalam wawancara kalau dia agak menyesali keputusan ini.

4. Polusi udara, bunga sakura, dan gunung Drum Rocky

Kwikku, Polusi udara bunga sakura dan gunung Drum Rocky
Sumber: duniagames.co.id

Kejutan satu ini nggak ngaruh sama cerita, hanya saja Oda jadi mendapat ide untuk menggambar adegan yang memukau dan mencolok mata berkat efek samping 'polusi'. Jadi pertama, pegunungan Drum Rocky di Drum Island terinspirasi oleh pegunungan Kanada yang unik. Dan saat dia kehabisan ide untuk mengakhiri arc Drum Island dengan cara yang menarik, Oda menemukan buku mengenai polusi lingkungan. Di dalamnya terdapat informasi soal salju berwarna kuning yang terjadi karena bercampur debu dari pabrik.

Oda langsung berpikir, "Oh, jadi salju bisa berwarna [selain putih] juga. Jika salju merah muda turun di Drum Island, maka akan kelihatan seperti pohon bunga sakura. Sebentar... Dr. Kureha memakai kaos bergambar bunga sakura. Sebentar... tanduk Chopper terlihat seperti ranting bunga sakura. Sebentar... apa ini artinya aku bisa mengakhiri Drum Island berkat bunga sakura?". Lalu kelanjutannya? Bisa kamu lihat sendiri di manga dan animenya.

5. Ace anak dari Gol D. Roger

Kwikku, Ace anak dari Gol D Roger
Sumber: duniagames.co.id

Cerita kali ini datang langsung dari mulut rekan-rekan Eiichiro Oda di acara bincang-bincang editor One Piece yang diadakan di Tokyo Tower, Jepang pada 22 Juli 2017 silam. Di sana para editor mengatakan kalau ternyata selama cerita Perang Marineford berjalan, Oda mendapat banyak surat dari para penggemar yang memohon supaya Ace bisa diselamatkan. Hal yang juga digaungkan oleh Hattori, salah satu editor Oda, setiap minggu, "Apa benar kamu akan membunuh Ace? Kurasa itu bukan ide bagus...". Di sisi lain, Oda sendiri malah heran karena dari awal dia sudah berniat untuk menghabisi Ace sejak pertama kali muncul.

Akhirnya dia bertanya pada editor mengenai kejutan apa yang tidak akan diduga oleh para fans. Salah satu pertanyaannya adalah, "Bagaimana menurutmu kalau ternyata Ace adalah anak kandung Roger?". Melihat ekspresi terkejut editornya, Oda pun memutuskan untuk menggunakan ide tersebut.

6. Kehadiran Shanks di Marineford

Kwikku, Kehadiran Shanks di Marineford
Sumber: duniagames.co.id

Di acara yang sama, para editor juga mengungkapkan kalau kemunculan Shanks yang kemudian menghentikan pertempuran para bajak laut dan Marinir juga nggak diduga-duga sama sekali. Berbeda dari garis besar kisah arc Marineford (dan kematian Ace) yang sudah dipersiapkan sejak awal.

Nggak jelas kenapa Shanks dibuat harus tampil oleh Oda. Mungkin seperti kasusnya dengan Drum Island, dia kehabisan ide dan kebingungan? Bayangkan saja, bagaimana cara mengakhiri pertempuran besar di Marineford selain memanggil salah satu nama legendaris yang dihormati kedua belah pihak?

7. Doflamingo dan Corazon adalah saudara kandung

Kwikku, Doflamingo dan Corazon adalah saudara kandung
Sumber: duniagames.co.id

Menurut wawancara dalam majalah One Piece Magazine Volume 3 yang terbit 1 September 2017 silam, Oda ternyata tidak pernah berniat membuat Donquixote Doflamingo dan Corazon memiliki hubungan kakak-adik. Corazon hanyalah anak buahnya saja dan bukan Donquixote Rosinante, sementara Doflamingo nggak mempunyai saudara sama sekali.

8. Para Supernova masih hidup di New World

Kwikku, Para Supernova masih hidup di New World
Sumber: duniagames.co.id

Wawancara di majalah One Piece Log edisi ke-27 yang terbit 20 Desember 2017 kemarin mengungkap dua hal menarik mengenai peran para Supernova atau Worst Generation.

Pertama, Oda merancang para bajak laut generasi baru terkuat itu tepat sebelum mereka tampil di Chapter 498 dan belum pernah ada di catatan cerita One Piece sebelumnya. Ide Supernova ini pun digunakan untuk membuat arc Sabaody menjadi lebih seru. Dan melihat perkembangan cerita yang makin mengancam keselamatan Luffy dan kawan-kawan, Oda menduga setidaknya setengah dari sembilan Supernova yang ada sudah takluk begitu memasuki New World.

9. Law jadi tokoh penting

Kwikku, Law jadi tokoh penting
Sumber: duniagames.co.id

Di bagian wawancara yang sama, Oda juga mengaku kalau dia nggak menduga Trafalgar D. Water Law bakal menjadi karakter penting, sampai membantu dan bergabung dengan Aliansi Bajak Laut-Ninja-Minx menghadapi Kaido di Wano. Di sisi lain pria yang selalu ingin membuat komik soal bajak laut, ninja, atau penyihir ini justru sudah mengira kalau Eustass Kidd yang akan memiliki peran lebih banyak dibanding Supernova lainnya.

2
2 none
Yang mungkin kamu suka
Baperan! 5 Idol K-Pop Ini Gampang Nangis
We Fest 2019: Tampilkan Dipha Barus Cs, Monica Karina Sexy dengan Lagu You Move Me
8 Karakter K-Drama Yang Membuat Rambut Kita Iri
Komentar