I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Inilah Ritual Usai Kematian Paling Menyeramkan yang Dilakukan Pada Jasad

Inilah Ritual Usai Kematian Paling Menyeramkan yang Dilakukan Pada Jasad
Ritual setelah kematian biasanya dilakukan demi penghormatan terakhir pada orang yang meninggal. Akan tetapi, apa jadinya ketika penghormatan terakhir itu dilakukan dengan cara tidak lazim yang sangat menyeramkan.
Ketika seseorang meninggal maka keluarga dan kerabat akan melakukan ritual untuk menghormati orang mati tersebut. Ada yang menguburnya dengan kain kafan, ada juga yang dikubur di dalam peti, dan ada pula yang dibakar. Semua hal itu masih lazim dilakukan dan memang relefan dengan keadaan sekarang. Akan tetapi, ada pula ritual kematian yang cukup aneh dan terkesan mengerikan dilakukan oleh beberapa suku atau golongan di berbagai penjuru dunia. Seperti yang dilakukan orang-orang ini.

1. Ritual Kursi Kematian Ifugao, Filipina

Kwikku, Ritual Kursi Kematian Ifugao Filipina
Sumber: tmurrayarts.com
Ifugao dikenal dengan keajaiban pemandangan sawahnya yang mengelilingi lereng gunung Ifugao. Meskipun tempat tersebut sangat populer oleh masyarakat dunia, ternyata ada hal menarik lain yang dimiliki masyarakat di tempat ini yaitu ritual setelah kematian yang selalu dilakukan orang-orang Ifugao. Pada ritual ini, jasad orang yang telah mati akan didudukkan di sebuah kursi lalu, diletakkan di teras rumah. Jasa ini biasanya diberi pakaian lengkap dan matanya ditutup. Selama delapan hari jasad tersebut akan berada di depan rumah seolah masih hidup, sedangkan para kerabat melakukan ritual tertentu yang diperuntukan kepada orang yang mati ini. Meskipun aromanya perlahan akan membusuk dan semakin menyengat dari hari ke hari, tapi warga di sana sudah biasa dengan hal tersebut.

2. Pengasapan Mayat di Papua Nugini

Kwikku, Pengasapan Mayat di Papua Nugini
Sumber: brilio.net
Sebuah ritual untuk mengasapi mayat ini dilakukan oleh suku Kuku-Kuku di Aseki, Papua Nugini. Jasad orang yang sudah meninggal ini akan ditempatkan pada keranjang bambu lalu di bawahnya diberi api supaya jasad tersebut terasapi dan mulai hangus pelan-pelan. Setelah itu, jasad akan disenderkan ke dinding rumah maupun tebing yang masih ada di sekitar wilayah mereka. Untuk membuat mayatnya tidak terlalu berbau, jasad mayat biasanya ditusuk-tusuk dengan tujuan supaya cairan dalam tubuhnya keluar semua. Selain itu, bagian jeroan seperti usus dan lain-lain akan dikeluarkan melalui anus.

3. Sky Burial, Tibet

Kwikku, Sky Burial Tibet
Sumber: liveleak.com
Masyarakat Tibet memiliki ritual yang tidak kalah mengerikan untuk jasad orang yang sudah meninggal. Dinamakan sebagai Sky Burial atau Penguburan Langit, jenazah orang yang sudah mati ini bukannya dikubur, tapi malah diletakkan di puncak gunung. Mayat terebut disayat-sayat dengan tujuan menarik perhatian burung pemakan bangkai di sana. Tentu saja setelah itu burung-burung tersebut akan datang dan memakan bangkai jenazah tersebut. Akan tetapi, prosesi ini memang sesuai keyakinan umat Budha di Tibet. Mereka percaya bahwasannya tubuh manusia hanyalah wadah kosong yang harus dibuang. Selain itu, kondisi geografis gunung Tibet pun tidak memungkinkan mereka mencari kayu untuk membakar jenazah.

4. Ritual Endocannibalism di Papua Nugini

Kwikku, Ritual Endocannibalism di Papua Nugini
Sumber: blogspot.com
Kali ini ritual lain datang lagi dari Papua Nugini. Dilakukan oleh suku Fore yang biasanya memakan jenazah kerabatnya yang sudah meninggal sebagai bentuk penghormatan. Tentu saja bukan hanya bagian daging yang dimakan, tapi jeroan dan otak juga. Hal ini terungkap karena adanya penyakit aneh yang terjadi pada suku Furu. Penyakit yang diberi nama Kuru ini membuat pengidapnya akan tertawa terbahak-bahak, marah-marah lalu meninggal. Rupanya, penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan suku Furu memakan mayat, dan diketahui bahwa perempuan suku ini lebih mudah tertular karena mereka yang kebagian memakan otak maupun jeroan. Sedangkan kaum laki-lakinya kebagian daging.

2
2 none
Yang mungkin kamu suka
Fountain of Youth, Legenda Pemandian Awet Muda
8 Meme Ini Pasti Bikin Kamu Takut Untuk Selingkuh, No 3 Pasrah
Alasan Mengapa Langit Berwarna Biru
Komentar
1