Menulis artikel
@

Suka Banget Naik Kereta Api Saat Travelling! Ketahui Dulu nih Sejarahnya Sampai Ada yang Menelan 26000 Korban Jiwa

Suka Banget Naik Kereta Api Saat Travelling Ketahui Dulu nih Sejarahnya Sampai Ada yang Menelan 26000 Korban Jiwa
Kalau kamu favorit banget naik kereta api, harus tahu dulu nih sejarahnya!

Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang dipadati penumpang. Di Indonesia sendiri, sarana ini tak hanya mengangkut antar daerah dalam satu kota namun juga antar kota hingga provinsi. Kini, KAI mengalami kemajuan pesat dalam hal pelayanan.

Tak perlu berdesak-desakan, penumpang diberi fasilitas yang memadai sehingga perjalanan menjadi semakin menyenangkan. Tak ayal, jika alat transportasi ini banyak digemari. Tapi, tahukah kamu bagaimana kisah kendaraan berantai ini datang ke Indonesia? Simak himpunan kisahnya berikut ini, yuk!

1. Wilhelmina, Terowongan Kereta Api Terpanjang

Kwikku, Wilhelmina Terowongan Kereta Api Terpanjang
Sumber: http://www.wisatajabar.com/2016/01/wilhelmina-terowongan-terpanjang-yang.html

Naik kereta api identik dengan terowongan. Di Indonesia, terowongan terpanjang dinobatkan pada Wilhelmina yang mana memiliki panjang hingga 1116 meter. Jalur ini dibangun untuk mendukung KA rute Banjar - Pangandaran - Cijulang (82 km). Lokasinya terletak di perbatasan antara Desa Bagolo dan Emplak, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dibangun oleh Staats Spoorwegen pada tahun 1914, ia mulai beroperasi pada 1 Januari 1921. Sayangnya jalur ini harus tutup dikarenakan mahalnya biaya operasional.

2. Gerbong Tua di Magelang

Kwikku, Gerbong Tua di Magelang
Sumber: https://kotatoeamagelang.wordpress.com/2011/03/06/jejak-spoor/

Sebuah gerbong KA tua pernah ditemukan di Magelang. Diperkirakan usianya telah mencapai 107 tahun. Dipindahkan ke Ambarawa kareana di kota asalnya tidak mendapatkan perawatan yang berarti. Gerbong ini dulunya digunakan untuk mengangkut penumpang jurusan Magelang - Yogyakarta.

3. Cikacepit, Jembatan Kereta Api Terpanjang

Kwikku, Cikacepit Jembatan Kereta Api Terpanjang
Sumber: http://ariowibi.blogspot.co.id/2014/07/indonesian-railways-scenery.html

Jembatan Cikacepit dibangun untuk mendukung jalur Banjar - Pangandaran - Cijulang pada tahun 1911. Hal ini dikarenakan kondisi alam wilayah tersebut berbukit-bukit dan curam. Dengan panjang mencapai 190 meter, jalan penghubung ini terbuat dari rangka baja dan lebar 1,7 meter. 

4. Jembatan Cincin

Kwikku, Jembatan Cincin
Sumber: http://indonesia-zaman-doeloe.blogspot.co.id/2015/10/jembatan-cikuda-atau-jembatan-cincin-di.html

Jembatan cincin merupakan jalur yang terkenal dalam sejarah perkereta apian Indonesia. Ia dibangun pada 1918 oleh Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf, sebuah perusahaan kereta api Belanda. Pada masa itu, jalur ini berfungsi sebagai salah satu jalan penghubung antara Rancaekek dan Tanjungsari. 

5. Stasiun Semarang, Stasiun Pertama di Indonesia

Kwikku, Stasiun Semarang Stasiun Pertama di Indonesia
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Samarang

Stasiun ini lebih dikenal dengan Stasiun Semarang dan mulai dibangun pada 16 Juni 1864. Disusul dengan peluncuran kereta yang dilakukan pada 10 Agustus 1867, merentang sepanjang 25 kilometer dari Semarang ke Tanggung melalui Halte Alastua dan Brumbung. Kini, bangunan stasiun tua sulit dilacak, sebab kabar terakhir menyebutkan bila wilayah tersebut telah menjadi pemukiman warga. 

6. Monumen Kecelakaan KA Padang Panjang

Kwikku, Monumen Kecelakaan KA Padang Panjang
Sumber: http://allaboutminangkabau.blogspot.co.id/2012/11/monumen-sejarah-kecelakaan-kereta-api.html

Sebuah kecelakaan kereta api terbesar dan menelan banyak korban jiwa pernah terjadi di Padang Panjang Barat, tepatnya Kelurahan Balai-Balai. Peristiwa tersebut terjadi pada 25 Desember 1944 dan 23 Maret 1945. Untuk mengenang para korban yang wafat, dibuatlah sebuah tugu monumen di lokasi yang sama.

7. Jalur Kereta Api Pangandaran

Kwikku, Jalur Kereta Api Pangandaran
Sumber: http://www.harapanrakyat.com/2014/05/reaktivasi-jalur-kereta-api-banjar-pangandaran-siapa-yang-untung/

Jalur Ka ini dibangun padan tahun 1911 yang menghubungkan Banjar - Pangandaran - Cijulang. Setelah jalan ini, penumpang akan menemukan terowongan terpanjang dan terpendek. Kemudian, kereta terus melaju hingga ke Jembatan Cikacepit.

8. Jejak Romusha di Jalur KA Muaro – Pekanbaru

Kwikku, Jejak Romusha di Jalur KA Muaro  Pekanbaru
Sumber: http://mediacenter.kamparkab.go.id/2017/05/09/kereta-api-kuno-sebagai-objek-wisata-kampar/

Jalur kereta api ini dibangun oleh para pekerja paksa pada masa pendudukan Jepang, tepatnya September 1943 hingga Agustus 1945. Dalam pembangunannya, banyak memakan korban jiwa hingga 26.000 dari 50.000 pekerja. Jalur KA Muaro - Pekanbaru diabadikan dalam buku karya Henk Hovinga yang berjudul Eindstation Pekan Baru 1944-1945 Dodenspoorweg door het Oerwoud yang diterbitkan oleh KITLV Leiden.

9. Jalur KA Saketi – Bayah

Kwikku, Jalur KA Saketi  Bayah
Sumber: https://humaspdg.wordpress.com/2010/04/14/jalur-ka-saketi-bayah-adalah-jalur-death-railway/

Selama Perang Dunia II, Jepang menorehkan kisah kejam pada bangsa Indonesia. Mereka membangun sebuah jalur kereta yang menghubungkan Saketi - Bayah dengan memperkerjakan para tahanan. Selama proyek berlangsung, puluhan ribu nyawa hilang. Kini jalan ini tak berfungsi lagi sebab dianggap sebagai kisah kelam bangsa Indonesia.

Kini, kamu tak lagi bertanya-tanya bagaiman rel hingga terowongan KA dibangun. Sebab, semua dibangun oleh tangan bangsa Indonesia. (ind)

1
1 none
Yang mungkin kamu suka
Cari Hadiah Buat Cowok? Bisa Dipilih Nih
Enggak Banget!!! Kpop Idol Dengan Gaya Rambut Terburuk
Gali Terus Bosque! Para Kuchiyose Ini Cocok Jadi Tukang Bor Tanah
Komentar