Hamdan Menulis artikel
@dankers89

Pengobatan Mengerikan Zaman Dulu! Beruntung Kita Hidup Di Zaman Sekarang Ya ?

Pengobatan Mengerikan Zaman Dulu Beruntung Kita Hidup Di Zaman Sekarang Ya
Saat kita mengalami gangguan kesehatan, hal yang kita lakukan biasanya istirahat atau bila ingin lebih cepat, datang ke klinik. Cara pengobatan semakin hari semakin baik dan aman dilakukan.
Cocok buatmu

Bersyukurlah kita hidup di zaman sekarang,karena di zaman dulu cara pengobatan dilakukan cukup bikin ngeri.

1. Hidroterapi (Terapi Air)

Kwikku, Hidroterapi Terapi Air
Sumber: https://www.archives.gov/files/publications/prologue/2010/summer/images/institutional-hydrotherapy-s.jpg

Di zaman sekarang hidroterapi atau terapi air digunakan untuk menyembuhkan atau meringankan penyakit. Cara kerja terapi ini dengan merendam bagian tubuh tertentu dan mengubah-ubah suhu agar tubuh penyakit pada bagian tertentu menjadi lebih ringan. Di zaman dulu, terapi ini bisa dibilang cukup menyakitkan. Dikutip dari boombastis.com, para dokter di zaman dulu membungkus tubuh pasien seperti mumi untuk kemudian direndam dalam air selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Bisa kebayang kan bagaimana tidak nyamannya posisi saat terapi?

2. Trepanning

Kwikku, Trepanning
Sumber: https://m.smedata.sk/api-media/media/image/sme/5/27/2797105/2797105_600x400.jpeg?rev=3

Kita pasti pernah mengalami pusing atau sakit kepala bukan? Sekarang untungnya kita tinggal minum obat sakit kepala atau jika lumayan parah, tinggal ke dokter untuk diberikan obat atau terapi yang aman. Di tahun 1488-1516 di Prancis kuno, pengobatan migrain atau vertigo terbilang cukup sadis dan bikin ngilu. Bagaimana tidak, pada waktu itu para dokter mengobati pasien dengan mengebor kepala. Dilihat dari rangka tengkorak bekas trepanation ini terlihat jelas lubang di tengkorak. Tentu saja akan berisiko terjadi infeksi bila alat yang digunakan ternyata terpapar bakteri.

3. Pasung

Kwikku, Pasung
Sumber: http://www.pringsewukab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/3479_Dinsos-Data-Jumlah-Orang-Gila-yang-Dipasung.jpg

Di zaman dulu cara pengobatan orang yang mengalami gangguan jiwa adalah dengan dipasung. Dengan cara ini diharapkan penderitanya akan lebih tenang dan mudah dikontrol. Tidak jarang tindakan ini dilakukan selama bertahun-tahun dan bahkan melukai kaki orang yang dipasung. Sekarang ini praktek pemasungan sangat dilarang karena dianggap menyiksa dan memperberat gangguan jiwa. 

4. Menempelkan Besi Panas

Kwikku, Menempelkan Besi Panas
Sumber: https://www.goud.ma/wp-content/uploads/2017/08/%D9%83%D9%8A.png

Di zaman dahulu,ada pengobatan yang cukup menyakitkan yaitu dengan melekatkan besi panas pada luka atau Kayy. Tujuannya adalah membuat luka lebih cepat kering sehingga mempercepat proses penyembuhan. Hukum seputar pengobatan ini jika dilakukan di zaman sekarangpun masih jadi kontroversi karena kini sudah banyak pengobatan tanpa atau sedikit menimbulkan rasa sakit.

5. Terapi Urine

Kwikku, Terapi Urine
Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/57/Drinquemachida.jpg

Terapi ini bisa dibilang sangat menjijikkan bagi sebagian orang. Namun tahukah anda bahwa dalam urine terdapat berbagai zat bermanfaat seperti vitamin,mineral, protein dam antibodi. Terapi ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Biasanya dilakukan di pagi hari sebelum makan dan minum apapun. Secara ilmiah memang terapi ini bermanfaat,namun secara agama maupun kelayakan mungkin tidak patut dilakukan selama masih ada pengobatan lain yang lebih baik.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Update Footer Website Anda Secara Dinamis Dengan Javascript dan PHP
Nam Woohyun INFINITE Cerita Soal Mental dan Musik
Panggil Vanesha Dengan sebutan ‘Milea', Iqbaal Akui Tak Bisa Melupakan Adegan Romantis di Film Dilan 1990
Komentar