Buat Kamu Anak Zaman Dahulu, yuk Kangen-Kangenan Dengan Prangko yang Pernah Jadi Teman Setia!
Buat Kamu Anak Zaman Dahulu  yuk Kangen-Kangenan Dengan Prangko yang Pernah Jadi Teman Setia  - Indahhikma pernah,ngetren,pada,zamannya,fakta,menarik,tentang,prangko
Pernah ngetren pada zamannya, ada fakta menarik tentang prangko!

Hai kamu generasi 90-an! Pernah tidak mengirim surat ke teman atau kakek nenek di desa melalui pos? Jauh sebelum ada media sosial dan smartphone, surat pernah menjadi saksi sejarah komunikasi yang paliing efektif pada zamannya. Sebelum mengirimkannya, kurang sah dan lengkap bila tidak disertai prangko. Benda kecil tersebut berupa ragam gambar mulai dari pemandangan, tokoh hingga benda-benda yang kemudian direkatkan pada bagian depan amplop.

Saking menariknya, sampai-sampai muncul istilah filatelis. Nah, kata itu mengacu pada orang yang suka mengoleksi prangko. Tak ayal, dulu para generasi 90-an juga turut mengoleksinya, bukan? Lama dilupakan, yuk intip fakta menarik di baliknya!

1. Sejarah Prangko
Sejarah Prangko
http://www.infoandfacts.com/tag/invention/

Suatu ketika, Sir Rowland Hill melihat pengantar pos menyerahkan sepucuk surat kepada seorang gadis. Setelah diamati dengan teliti, gadis tersebut mengembalikan surat kepada pengantar pos dan menolak melunasi biaya pengiriman dengan alasan tidak punya uang.

Setelah ditanya oleh Sir Rowland, ternyata gadis itu dan kekasihnya membubuhkan tanda khusus pada surat yang hanya diketahui mereka berdua. Tanpa harus membuka surat gadis tersebut telah tahu apa sebenarnya isi dari surat itu. Jadi, untuk apa ia harus susah-susah membayar ongkos kirim surat.

2. Prangko Pertama di Dunia
Prangko Pertama di Dunia
https://sukawu.wordpress.com/category/prangko-di-hari-filateli-indonesia/

Awalnya, prangko merupakan hasil gagasan dari Sir Rowland Hill yang diterbitkan di Inggris pada 6 Mei 1840 yang disebut dengan The Penny Black. Inilah prangko pertama yang resmi dan dapat digunakan oleh masyarakat umum. Ciri-cirinya, terdapat gambar kepala Ratu Victoria, dicetak dalam warna hitam, memuat postage pada bagian atasnya, dan terdapat kata one penny pada bagian bawah. 

3. Prangko Pertama di Indonesia
Prangko Pertama di Indonesia
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/06/18/inilah-perangko-pertama-di-bumi-indonesia

Prangko pertama di Indonesia dikenalkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1 April 1864. Dengan ciri berwarna merah anggur dan dilengkapi dengan nominal 10 sen serta menampilkan gambar Raja Willem III.

4. Jenis Prangko
Jenis Prangko
http://edyrustamaji-zone.blogspot.co.id/

Ada empat jenis prangko yang diterbitkan. Prangko definitif, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak ada kaitannya dengan suatu peristiwa. Prangko peringatan, untuk memperingati kejadian atau peristiwa baik bersifat nasional maupun internasional. Prangko istimewa, untuk menarik perhatian masyarakat dengan menampilkan gambar kegiatan yang dilancarkan oleh pemerintah. Terakhir adalah prangko amal yang bertujuan untuk menghimpun dana bagi kepentingan amal dan dijual dengan harga tambahan.

5. Prangko Termahal
Prangko Termahal
https://toplintas.com/5-top-perangko-termahal-di-dunia/

Saking istimewanya perangko, ada juga lho yang diciptakan khusus dengan harga mahal. Prangko tersebut dikeluarkan oleh Malta pada tahun 1925 dengan gambar klise. Pembuatannya menggunakan cetak tindih dan typeset. Di Indonesia prangko termahal dicetak pada tahun 1984 oleh pemerintah Hindia Belanda yang dibanderol dengan harga hingga 20 milliar rupiah.

6. Perforasi Prangko
Perforasi Prangko
http://koleksitempodoeloe.blogspot.co.id/2014/03/perangko-misprint-salah-cetak-yang_25.html

Perforasi merupakan baris lubang di antara deretan prangko dalam lembaran. Hal tersebut dimaksudkan agar mudak disobek. Aturan ini pertama kali diberlakukan oleh Archer di Inggris pada tahun 1864. Ada tiga jenis perforasi, yakni baris, sisir, dan blok.

7. Cetak Tindih Prangko
Cetak Tindih Prangko
http://koleksitempodoeloe.blogspot.co.id/2010/04/prangko-indonesia-di-masa-revolusi.html

Prangko yang sudah beredar kemudian diberi cetakan lagi atau disebut dengan cetak tindih. Cetakan ini terkadang menimbulkan ragam penyimpangan dan kesalahan, seperti huruf yang rusak. Bahkan, di pendudukan Jepang dan masa revolusi prangko dilakukan dengan cap tangan/karet.

8. Perangko atau Prangko?
Perangko atau Prangko
https://filatelisindonesia.wordpress.com/2012/09/23/prangko-transportasi-tradisional/

Awalnya, orang lebih mengenal dan menyebutnya dengan Perangko. Namun, pada tahun 1985, istilah ini diseragamkan menjadi Prangko oleh Richard Yani Susiolo pada Buletin Berita Filateli

9. Beda Perangko Indonesia dan Inggris
Beda Perangko Indonesia dan Inggris
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/05/15/agustus-2017-filatelis-filatelis-dunia-akan-berkumpul-di-bandung

Prangko lahir di Britania Raya sebagai reformasi pos oleh Rowland Hill. Negara ini satu-satunya yang memiliki prangko tanpa mencantumkan nama negaranya. Sedangkan negara lain, termasuk Indonesia perlu mencantumkan nama negara pada gambarnya.

10. Bentuk Prangko
Bentuk Prangko
http://hendra-gaulnet.blogspot.co.id/2012/09/10-prangko-termahal-di-dunia.html

Pada mulanya, prangko diterbitkan dalam bentuk persegi panjang sesuai dengan bingkai potret raja. Namun akhirnya muncul banyak inovasi. Prangko bujur sangkar pertama kali digunakan di Bavaria pada tahun 1849. Bentuk segitiga pertama digunakan oleh Cape of Good Hope di Afrika Selatan pada tahun 1853. Bentuk segi delapan dipergunakan oleh Yunani ada tahun 1898 dan masih banyak bentuk lagi di dunia.

Dari ulasan di atas, sudah cukup mengobati rindu akan prangko belum? (ind)


    Dilihat .
Saran dari Discover
27 April 2018

Berasal dari Bagian Hewan, 4 Benda Ini Punya Dihargai Fantastis!

31 Mei 2018

Dari Cat Eye Sampai Heart Shaped, 5 Deretan Kacamata Untuk Gaya Ala Princess Syahrini

20 April 2018

Capai Miliaran, Ini 5 Air Kemasan Termahal Di Dunia

23 April 2018

Jadi Mata-mata, 5 Hewan Ini Bak Anggota Intelejen Berbagai Negara