Menulis artikel
@

Nyatanya, Ekspektasi Kehidupan Sekolah di Anime Tidak Sesuai Realita!

Nyatanya Ekspektasi Kehidupan Sekolah di Anime Tidak Sesuai Realita
Anime adalah sebuah cerita bergambar yang memerlukan daya khayal tinggi dalam penciptaannya. Tidak heran terkadang apa yang ada di dalamnya tidak sesuai dengan kehidupan nyata.
Apa hal yang paling sering ditemui dalam anime? Apakah itu kehidupan sekolah? Yak, itu salah satunya.

Tidak bisa disangkal jika anime dengan tema anak sekolahan selalu menarik perhatian. Mungkin karena fans anime rata-rata terdiri dari anak berusia sekolah. Bahkan mereka yang sudah lebih dewasa pun banyak yang menyukai tema tersebut. Namun, pernakah kamu bertanya-tanya, apakah kehidupan sekolah di anime dan anak Jepang asli memiliki kesamaan, atau malah bertolak belakang 180 derajat. Sayang sekali, kamu harus puas dengan jawaban bahwa kehidupan sekolah asli di Jepang, sama sekali berbeda dengan penjabaran anime.

Mungkin tidak semuanya berbeda, tapi beberapa perbedaan tersebut antara lain:


1. Di anime, banyak siswa yang cantik dan tampan. Di dunia nyata? No!

Kwikku, Di anime banyak siswa yang cantik dan tampan Di dunia nyata No
Sumber: https://i.enkivillage.org/QmnIuICSbmX-RLCZarPT4OBqAwo=/800x0//images/62f8ddaef0427a542c7525704843cb49.jpg
Disebabkan anime terdiri dari gambar, tidak heran jika dibuat semenarik mungkin supaya fans semakin tertarik. Mungkin karena hal inilah para penggemar anime mengira bahwa murid-murid sekolahan di Jepang juga memiliki wajah yang cantik dan ganteng. Padahal berdasarkan kenyataan, paras murid di sana pun sama saja dengan sekolah-sekolah lainnya. Ada memang yang cantik dan tampan, tapi tentu tidak semua. Berbeda lagi jika memang sekolah tersebut ditujukan untuk anak-anak yang belajar menjadi idol, biasanya memang penampilan menjadi poin yang cukup dijunjung tinggi.


2. Di anime, atap sekolah seperti markas untuk tiap orang. Di dunia nyata?

Kwikku, Di anime atap sekolah seperti markas untuk tiap orang Di dunia nyata
Sumber: https://pm1.narvii.com/5616/2577d51d26b5eddc450880b02f5f2c9b96e8eb0c_hq.jpg
Berbeda dengan sekolah di Indonesia yang atapnya diberi genting sehingga tidak bisa dipijaki dengan mudah. Atap sekolah di Jepang memang rata-rata datar, seperti di anime. Namun, yang perlu diketahui adalah bahwa atap di sekolah tidak bisa sembarangan didatangi orang. Hari-hari selalu dikunci supaya siswa tidak sembarangan naik ke sana. Untuk mendapatkan kunci atap ini pun sulit.


3. Apa benar OSIS memiliki kuasa besar di sekolah?

Kwikku, Apa benar OSIS memiliki kuasa besar di sekolah
Sumber: http://2.bp.blogspot.com/-Tzn2WZL-55o/UcqJg78cF3I/AAAAAAAAAB4/tlhRs5nIiQ8/s1600/Student_council.jpg
Ketika melihat kekuasaan OSIS di anime, mereka seolah-olah raja di sekolah. Bahkan kehormatan khusus selalu diberikan pada OSIS. Mereka juga kadang menjadi pembuat peraturan untuk para siswa, dan kemampuan bicara ketua OSIS bahkan bisa membuat kepala sekolah bungkam. Namun, apa kenyataanya seperti itu?

Tentu saja tidak. Di Jepang sendiri, kerja OSIS hanya membantu pihak sekolah dalam urusan-urusan sederhana. Sama saja dengan OSIS di sekolah kita. Kepala sekolah dan dewan guru masih yang paling dihormati.


4. Di anime, banyak anak SMA tinggal sendirian. Di dunia nyata?

Kwikku, Di anime banyak anak SMA tinggal sendirian Di dunia nyata
Sumber: https://archive-media-0.nyafuu.org/w/image/1426/62/1426624733438.jpg
Anak SMA yang nge-kos di Indonesia memang banyak. Tidak heran penonton anime dari Indonesia juga biasa-biasa saja ketika melihat adegan anime dimana tokoh utamanya tinggal sendirian. Kenyataannya, sekolah SMA di Jepang biasanya sudah diatur sedemikian rupa, sehingga anak yang tinggal di daerah dekat sekolah A, diharuskan sekolah di sana. Hal ini membuat para siswa di Jepang rata-rata masih tinggal bersama orang tuanya.


0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Sanha dan MJ ASTRO Ungkap Gagalnya Harapan di 2019 dan Punya Ekspektasi Lagi di 2020
Spin off Clash of Clans Buatan Supercell yang Dipastikan Akan Populer Tahun Ini
"It"s My Startup," 50 Tips Membangun Startup
Komentar