I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Mari Pahami Bersama Hal-Hal yang Harus Ada Pada Karakter Utama Shonen Jump

Mari Pahami Bersama Hal-Hal yang Harus Ada Pada Karakter Utama Shonen Jump
Banyak syarat untuk bisa menjadi karakter utama di dalam animanga.
Cocok buatmu
Pecinta karya-karya terbitan Shonen Jump pasti tidak asing dengan judul-judul anime populer seperti Naruto, One Piece, Yu Yu Hakusho, maupun Dragon Ball. Ketika dicermati, ternyata ada banyak kesamaan dari karakter utama judul-judul tersebut. Kesamaan tersebut bahkan seolah menjadi pakem yang wajib ada dan tidak bolek ditiadakan. Meskipun tidak semua karya populer Shonen Jump memakai pakem tersebut, tapi tidak bisa disangkal bahwa judul yang populer selalu menggunakan pakem ini.

Lalu, sebenarnya pakem apa saja itu?


1. Karakter utama harus anak laki-laki remaja

Kwikku, Karakter utama harus anak lakilaki remaja
Sumber: https://i.ytimg.com/vi/axRZN4z48Sk/maxresdefault.jpg
Target pasar Shonen Jump memang remaja laki-laki, entah itu yang bersekolah SMP, SMA maupun anak kuliahan. Tidak heran jika karakter utamanya diusahakan adalah anak laki-laki yang berusia belasan. Hal ini tercermin jelas dari beberapa karakter terkenal Shonen Jump, sebut saja Uzumaki Naruto, Urameshi Yusuke, Monkey D. Luffy, Ichigo Kurosaki dan bahkan Gon yang berusia 14 tahun.


2. Karakter Utama harus punya motivasi mengejar mimpi

Kwikku, Karakter Utama harus punya motivasi mengejar mimpi
Sumber: http://2.bp.blogspot.com/-G80BGFKmnko/VjpqNbgOzvI/AAAAAAAACZ8/aJVED1c-f6Q/s1600/wallpaper-keren-one-piece.png
Tentu saja harus ada motivasi dari seorang karakter karena jika tidak ada tujuan tertentu, pasti jalan ceritanya menjadi membosankan. Tujuan atau mimpi seorang karakter utama pun harus kuat, supaya mereka memiliki alasan kuat untuk bertarung mati-matian. Bisa dilihat dari Naruto yang ingin menjadi Hokage, menyelamatkan desa, dan bahkan menjadi pahlawan bagi dunia Shinobi. Ada pula Luffy yang ingin mencari harta karun sampai dia rela menjelajah lautan, selain itu cita-citanya memang ingin menjadi bajak laut, sehingga apa pun akan dia lakukan demi tujuan itu. Namun tentu saja, cara mereka mengejar mimpi selalu dengan jalur yang benar. Hal ini supaya memotivasi pembaca sehingga mereka mau meraih mimpi dengan usaha keras dan pantang menyerah.


3. Karakter utama harus memiliki kemampuan tersembunyi

Kwikku, Karakter utama harus memiliki kemampuan tersembunyi
Sumber: http://vignette2.wikia.nocookie.net/naruto/images/2/2a/Initial_jinch%C5%ABriki_form.png/revision/latest?cb=20150207095317
Inilah yang membuat karakter utama Shonen Jump menjadi spesial, yakni karena mereka memiliki kekuatan atau potensi tersembunyi. Lihatlah Naruto yang memiliki Kyuubi dalam tubuhnya, dia bahkan merupakan anak dari Minato yang merupakan Hokage ke empat. Atau, ada pula Luffy yang ternyata memiliki Haki Raja dan juga keturunan orang hebat. Belum lagi Ichigo, Goku dan Gon yang juga memiliki potensi-potensi tersebut.


4. Harus ada partner beserta saingan untuk karakter utama

Kwikku, Harus ada partner beserta saingan untuk karakter utama
Sumber: http://vignette3.wikia.nocookie.net/dragonball/images/a/ac/Wallpaper_goku_vs_vegeta_by_dony910-d55d8sx.jpg/revision/latest?cb=20131223151641
Karakter utama di Shonen Jump juga harus memiliki teman untuk bertempur, dan teman tersebut bahkan menjadi rival mereka. Lihatlah bagaimana persahabatan Naruto dan Sasuke, mereka teman tapi juga rival. Goku dan Vegeta juga demikian.


5. Harus ada gadis yang menemani karakter utama

Kwikku, Harus ada gadis yang menemani karakter utama
Sumber: https://i.ytimg.com/vi/JoOZosZAixw/maxresdefault.jpg
Sebagai pemanis, tentu harus ada yang manis-manis, yaitu setiap karakter utama harus memiliki teman atau setidaknya gadis yang menjadi partner mereka. Misalnya, di Naruto ada Sakura, meskipun pada akhirnya menikah dengan Hinata. Bleach pun begitu, Ichigo memiliki Rukia sebagai partner, dan dia menikah dengan Orihime di akhir episode. Bahkan terkadang partner ini ada juga yang menjadi pasangan romantis si karakter utama.


6. Penampilan harus keren

Kwikku, Penampilan harus keren
Sumber: https://i.ytimg.com/vi/XR6DOOYE5qA/maxresdefault.jpg

Penampilan keren ini juga menjadi syarat untuk karakter utama Shonen Jump. Mereka mungkin tidak terlihat keren pada awalnya, tapi saat bertarung, pasti ada sisi keren yang selalu diperlihatkan para karakter ini.

7. Karakter utama harus memiliki kekuatan ber-level dan transformasi

Kwikku, Karakter utama harus memiliki kekuatan berlevel dan transformasi
Sumber: http://2.bp.blogspot.com/-ytH3slLtuMY/U0NSYyrImCI/AAAAAAAADFQ/fB5nTa3OnR0/s1600/2.jpg
Seiring perjalanan si karakter utama dalam mencapai tujuannya, kekuatan mereka pun akan semakin meningkat. Peningkatan kekuatan ini kemudian ditandai dengan cara bertransformasi menjadi makhluk level tertentu. Lihat bagaimana Naruto yang awalnya biasa, lalu menjadi mode sage. Lalu Luffy dengan level gear-nya. Bahkan Ichigo yang bisa menjadi Shinigami terkuat dengan mengalami beberapa perubahan.

Syarat-syarat tersebut memang tidak baku, tapi jika ditilik dari ‘kebanyakan' karakter utama Shonen Jump, memang rata-rata seperti itu. Namun, mungkin semua pernyataan di atas menjadi tidak berguna saat kita membicarakan Saitama dari One Punch Man.


0
0 none
Yang mungkin kamu suka
3 Masalah Pribadi Ini Jangan Sampai Dibawa ke Tempat Kerja
Inilah Kisah Nyata Seorang Penjahat yang Diubah Menjadi Sepasang Sepatu
Bikin Mikir Keras, 8 Produk Aneh Ini Sungguhan Dijual?
Komentar