REAL MUTAN FACT.. Gadis Muda Ini Mengaku Bisa Bedakan Warna Lewat Baunya
REAL MUTAN FACT   Gadis Muda Ini Mengaku Bisa Bedakan Warna Lewat Baunya - Fey Anca real,mutan,fact,gadis,muda,mengaku,bisa,bedakan,warna,lewat,baunya

"Coba tebak apa warna kaos dalemku... "

"Errr... warnanya biru dongker, ketauan dari baunya."

"Kamu anggota X-men ya?"

Oke menurut kamu, percakapan itu jelas candaan. Tapi, di bumi abad 21 ini muncul Deepti Regmi, gadis belia asal Nepal yang mengaku bisa bedakan warna lewat baunya.

Si Deepti ini entah gimana caranya tiba-tiba punya kemampuan aneh yang bisa mencium perbedaan dari warna. Dia pun lolos uji standar, bisa mengidentifikasi warna sambil menutup mata.

Karena kita kebanyakan diserbu kisah-kisah Marvel, pasti bakal menganggap si Deepti ini sejenis Mutan, yang muncul kemampuannya pas remaja. Tapi, oara ahli yang tertaik pada kemapuan Deepti menggolongkan ini sebagai fenomena sensorik yang dikenal sebagai synaesthesia.

Synaesthesia ini menyebabkan penugasan indra seseorang jadi tidak jelas, menyebabkan sensasi pada satu masukan sensorik (seperti mata) untuk merangsang sensasi di indera lainnya, misalnya hidung. Inilah yang menyebabkan Deepti dapat mencium bau dari warna. Padahal warna muncul karena gelombang cahaya yang terpantul dari suatu rapatan atom, artinya "hanya" bisa dilihat bedanya bukan dicium.

REAL MUTAN FACT   Gadis Muda Ini Mengaku Bisa Bedakan Warna Lewat Baunya - Fey Anca real,mutan,fact,gadis,muda,mengaku,bisa,bedakan,warna,lewat,baunya

Tapi rupanya, warna bisa dibedakan dari apa yang kita lihat itu malah menandakan kelemahan "pengukuran" umat manusia dalam membedakan lingkungannya..

Bagaimanapun masih banyak contoh lain dari sinestesi, misalnya ada yang mampu memvisualisasikan warna saat mendengar musik, atau yang mampu mencicipi rasa saat mendengar suara tertentu. Kombinasi dari "saling silang" sensorik ini dapat mungkin dilakukan, dan bisa tidak terbatas seperti pada contoh tersebut.

Artinya? Bisa dikatakan mutan itu ternyata fakta.

Karena sekitar 1 orang dari 2000 orang di seluruh dunia menurut American Psychological Association terpengaruh oleh kondisi tersebut, di mana sinestesi ini lebih didominasi perempuan.

Sejauh ini belum diketahui penyebab synaesthesia. Tapi para ahli APA, menengarai adanya faktor genetik (gotcha) dalam beberapa kasus.

Synesthetes juga sering dikaitkan dengan sosok-sosok dengan bakat tinggi. Misalnya, pelukis Vincent Van Gogh, dan pemusik Duke Ellington, Mary J. Blige, Tori Amos, Billy Joel, dan Pharell Williams yang juga terdiagnosis terkena kondisi ini.***

    Dilihat .
Saran dari Discover
26 April 2018

Kalau di Korea Pasti Umurmu Jaid Lebih Tua. Bagaimana Cara Menghitungnya?

25 April 2018

Daftar Gaji Pegawai Istana Buckingham, Mulai Dari Pencuci Piring Sampai Tukang Kebun!

21 Juni 2019

5 Pekerjaan Kreatif Terinspirasi dari Drama Korea Untuk Kamu Para Fresh Graduate

22 April 2018

Bisa Happy Saat Kepepet, 10 Foto Ini Buktikan Cewek Adalah Makhluk Kreatif