Tata Cara Format Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator
Tata Cara Format Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator - Mimin tata,cara,format,registrasi,ulang,kartu,prabayar,semua,operator

Saat ini pemerintah melalui Kominfo tengah mewajibkan kepada semua pengguna operator Indonesia untuk melakukan registrasi ulang kartu SIM. Pemerintah menerapkan aturan registrasi ulang kartu prabayar ini mulai 31 Oktober 2017. Tentu hal ini membuat para pelanggan lama yang sudah bersama dengan kartunya lebih dari 5 tahun terkaget-kaget. Karena dulu tidak pernah ada aturan yang mewajibkan pengisian NIK (Nomor Induk Kependudukan) maupun Nomor KK (Kartu Keluarga). Dan bagi Kids Jaman Now yang suka gonta-ganti kartu, aturan ini tentu dirasakan mengekang kebebasan mereka.

Keputusan ini berdasarkan Peraturan Menkominfo No 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi bisa dilakukan melalui sms, online dan melalui gerai operator masing-masing. Di dalam proses registrasi, pelanggan dan/atau calon pelanggan kartu prabayar untuk semua operator hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang sah.

Lalu bagaimana cara registrasi ulang kartu sim tersebut? Registrasi bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu. Format registrasi tergantung masing-masing operator.

Agar tidak bingung, tim Kwikku.com sudah merangkum format SMS registrasi ulang dari berbagai operator, baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama yang sudah amat setia. Yuk simak ulasan berikut :

 

Pelanggan Baru

Format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:

1. Indosat, Tri, Smartfren.

Ketik : NIK#NomorKK# Kirim Ke 4444

2. XL Axiata

Ketik : Daftar#NIK#NomorKK Kirim Ke 4444 

3. Telkomsel

Ketik : Reg(spasi)NIK#NomorKK Kirim Ke 4444

 

Registrasi Pelanggan Lama

Tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama :

 

1. Indosat, Tri, Smartfren.

Ketik : ULANG#NIK#NomorKK# Kirim Ke 4444

2. XL Axiata

Ketik : ULANG#NIK#NomorKK Kirim Ke 4444

3. Telkomsel

Ketik : ULANG(spasi)NIK#NomorKK# Kirim Ke 4444


Registrasi kartu prabayar bisa dilakukan mulai 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018. Apabila sampai dengan tanggal terakhir belum melakukan registrasi, maka diberi waktu tenggang hingga 15 hari. Bila selama 15 hari masa tenggang tersebut ada pelanggan yang belum registrasi, maka nomornya akan diblokir dan tidak bisa melakukan panggilan keluar serta tidak bisa mengirim SMS dan tidak bisa mengakses internet.

    Dilihat .
Saran dari Discover
08 Mei 2017

Begini Tips bagi Startup untuk Mendapatkan Investasi

29 Juli 2017

Aneh! Pencuri Di Jepang Meninggalkan Sesuatu yang Mengejutkan, Netizen Dunia Geleng-Geleng Kepala

16 Agustus 2018

Beberapa Pola Fikir Ini Bakal Bikin Masa Muda Kamu Susah Kaya, Segera Tinggalkan!

30 April 2018

Kacaunya 6 Kota Termacet Se-Asia Tenggara Ini, Ada yang dari Indonesia juga!