F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Kamu Suka Nonton Sinetron? Ini Lho Dampak Buruk Menonton Sinetron

Kamu Suka Nonton Sinetron Ini Lho Dampak Buruk Menonton Sinetron
Banyak sekali jenis acara televisi yang tayang pada saat ini. Mulai dari acara bertema reality show hingga film seri. Dari sekian banyak acara di televisi saat ini, masyarakat Indonesia masih menggemari sinetron.
Banyak sekali jenis acara televisi yang tayang pada saat ini. Mulai dari acara bertema reality show hingga film seri. Dari sekian banyak acara di televisi saat ini, masyarakat Indonesia masih menggemari sinetron. Meskipun sangat digemari, tidak jarang sinetron memiliki dampak buruk dan tidak mendidik terhadap golongan masyarakat dengan usia tertentu. Apa saja dampak tersebut ? Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari menonton sinetron, yaitu :

1. Menyebarkan perilaku borjuis

Kwikku, Menyebarkan perilaku borjuis
Sumber: maxmanroe.com
Pada adegan sinetron (kebanyakan) yang bertema kehidupan sekolah pasti memiliki keadaan ekonomi sosial dan ekonomi yang borjuis dan menurut saya berlebihan. Dimana contohnya adalah seorang siswa yang gemar berangkat ke sekolah dengan mobil mewah. Dan setelah sekolah ia selalu bermain bersama teman-temanya di lingkungan mall. Dimana hal tersebut sangat bertolak belakang dengan keadaan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia kebanyakan.

2. Dewasa terlalu cepat

Kwikku, Dewasa terlalu cepat
Sumber: kompasiana.com
Bahkan, saya sering menjumpai kalangan yang sangat menyukai sinetron adalah kalangan anak-anak. Sinetron yang mereka gemari biasanya adalah sinetron yang bertema kehidupan sekolah yang sangat menekankan nuansa percintaan. Yang mana hal ini akan sangat berpengaruh dengan keadaan psikologis sang anak. Usia anak-anak yang harusnya banyak bermain dan menggali informasi baru malah tergantikan dengan kebiasaan pacaran.

3. Terlalu mengedepankan percintaan daripada pendidikan

Kwikku, Terlalu mengedepankan percintaan daripada pendidikan
Sumber: cdns.klimg.com
Untuk poin ke tiga ini sendiri merupakan akibat dari poin kedua diatas. Dimana saat anak yang masih dalam usia untuk mengenyam pendidikan terpengaruh oleh dampak dari sinetron yang kebanyakan percintaan tentu akan sangat miris. Banyak anak tersebut pasti akan mulai tidak menekuni dunia pendidikan dengan serius. Hal ini tentu akan sangat berpangaruh terhadap masa depan anak itu sendiri jika ia sampai bermasalah dengan jenjang pendidikanya.

4. Menjadi krisis moral

Kwikku, Menjadi krisis moral
Sumber: media.iyaa.com
Ini adalah dampak puncak dari kebiasaan menonton sinetron. Setelah terpangaruh oleh sekian banyak dampak negatif dari sinetron, pada akhirnya ia akan krisis moralitas. Dimana, norma-norma yang berlaku tidak ia indahkan lagi.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Black Death, Wabah Mengerikan yang Hampir Memusnahkan Seluruh Penduduk Eropa. Inilah 5 Faktanya
Apakah Kamu Terlalu Banyak Ngidol? Ayo Lihat Ciri-Cirinya
Manga Gag Komedi ‘Oda Cinnamon Nobunaga' Akan Diadaptasi Menjadi Anime
Komentar