F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Ini Lho Cara Menghilangkan Sifat "Mulut Pedas", Bermanfaat Banget!

Ini Lho Cara Menghilangkan Sifat quotMulut Pedasquot Bermanfaat Banget
Terkadang kamu ingin memberikan saran atau masukan pada teman-temanmu atau orang yang berada di sekitarmu secara kritis. Namun apabila kamu mengkritisinya secara berlebihan, konflik dan pertengkaran bisa saja terjadi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mulutmu tidak pedas.
Terkadang kamu ingin memberikan saran atau masukan pada teman-temanmu atau orang yang berada di sekitarmu secara kritis. Namun apabila kamu mengkritisinya secara berlebihan, konflik dan pertengkaran bisa saja terjadi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mulutmu tidak pedas.

1. Perhalus kritikanmu

Kwikku, Perhalus kritikanmu
Sumber: godofevolution.com
Saat kamu akan memberikan kritik, biasakan untuk memberi pujian terlebih dahulu sehingga kritikanmu bisa di terima dengan baik oleh orang lain. Cara ini bisa melatihmu agar tidak menjadi "si mulut pedas” dan bisa membuat kamu lebih dihargai oleh mereka.

2. Berempati

Kwikku, Berempati
Sumber: districtcounseling.com
Biasanya orang akan mengkritik tajam ketika seseorang melakukan kesalahan karena itu merupakan momen yang pas untuk mengutarakan komentar pedas. Tetapi bayangkan jika kamu yang berada di posisi mereka. Biasakanlah untuk berempati terlebih dahulu sebelum mengkritik seseorang. Kalau kamu sudah biasa melatih empatimu, kritikanmu bisa berubah menjadi saran yang membangun dan tidak menyinggung perasaan mereka.

3. Selalu berpikiran positif

Kwikku, Selalu berpikiran positif
Sumber: atriumstaff.com
Pikiran yang positif bisa membuat seseorang melontarkan kata-kata yang baik. Dengan sikap ini, kamu akan bisa menahan kritikan pedas dari lidah tajammu untuk orang lain. Selalu tanamkan pikiran positif agar kamu tidak di anggap sebagai "si mulut pedas”

4. Bedakan kritik dengan saran

Kwikku, Bedakan  kritik dengan saran
Sumber: greatschools.org
Kritik dan saran merupakan hal yang berbeda. Orang yang mengkritik biasanya hanya memberi komentar negatif tanpa memberikan solusi. Berbeda dengan saran, orang yang memberikan saran akan menyampaikan pendapatnya dan memberikan solusi yang baik untuk dilakukan selanjutnya. Terlihat jelas bukan perbedaan kritik dengan saran?

5. Buat dirimu bahagia

Kwikku, Buat dirimu bahagia
Sumber: goodvibesandhightides.wordpress.com
Pernahkah terpikir olehmu bahwa kamu cemburu dengan orang yang kamu kritik karena kamu tidak bisa melakukan hal seperti mereka? Apa tujuan sebenarnya ketika kamu memberikan kritikan pada orang lain? Apakah kamu ingin membuatnya bangun atau terjatuh? Semuanya hanya kamu yang tau. Daripada kamu memberikan kritikan yang pedas, lebih baik kamu mencoba untuk bersyukur dan membuat hidupmu lebih bahagia dan tidak repot-repot mengurusi orang lain.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
7 Ilustrasi Ini Menunjukan Betapa Rumitnya Pemasalahan Manusia Dalam Kehidupan
Tempat-Tempat Ini Tidak Kalah Misteriusnya daripada Segitiga Bermuda
7 Momen Mengharukan Saat Penggemar Turut Menyanyi Bersama Sang Idola
Komentar