F. W. A. Menulis artikel
@furkoniwa

Sering Ngerasa Cemas? Coba 7 Tips Ini Deh!

Sering Ngerasa Cemas Coba 7 Tips Ini Deh
Rasa cemas bukanlah hal yang aneh untuk dirasakan karena cemas bisa datang kapan saja dan dimana saja. Berikut beberapa cara agar kamu bisa atasi rasa cemasmu.
Rasa cemas bukanlah hal yang aneh untuk dirasakan karena cemas bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terlebih ketika sedang mengahadapi masalah, rasa cemas tentulah suatu hal yang wajar jika terjadi. Apalagi kalau kamu cemas secara berlebihan bisa membuat pikiranmu menjadi negatif. Berikut beberapa cara agar kamu bisa atasi rasa cemasmu.

1. Tulis semua uneg-uneg yang membuatmu cemas

Kwikku, Tulis semua uneguneg yang membuatmu cemas
Sumber: studying-in-germany.org
Cobalah menulis hal-hal yang kamu cemaskan. Rasa stress karena cemas akan terkikis ketika kamu mencurahkan kecemasanmu pada secarik kertas. Profesor dan peneliti di bidang psikologi dari Universitas Chicago, Sian Beilock, telah meneliti hal ini. Jadi, tuliskan keresahanmu dan biarkan rasa cemasmu berpindah pada kertas itu.

2. Kurangi mengakses media sosial

Kwikku, Kurangi mengakses media sosial
Sumber: studybreaks.com
Perkembangan teknologi memanglah memberikan banyak sekali manfaat, tapi di sini lain, internet bisa saja membuat rasa cemasmu bertambah. Melihat profil media sosial, foto, atau postingan bisa membuatmu cemburu dan selalu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Cobalah untuk mengurangi dunia maya dan belajar bahagia dengan kehidupan yang saat in kamu miliki.


3. Lakukan gaya hidup sehat

Kwikku, Lakukan gaya hidup sehat
Sumber: themiracleforest.com
Gaya hidup sehat akan berdampak positif pada tubuh, karena kondisi mentalmu sangat dipengaruhi oleh gaya hidupmu. Baik itu secara fisik ataupun mental. Hindari pemicu rasa cemas seperti alkohol dan makanan yang tidak sehat, maka pikiran kamu akan menjadi lebih tenang.

4. Cobalah bermeditasi

Kwikku, Cobalah bermeditasi
Sumber: hellosehat.com
Meditasi mampu menenangkan hati dan pikiran. Dengan suasana yang tenang, emosi dan pikiranmu akan mudah terkontrol sehingga rasa gundah gulana akibat cemasmu bisa teratasi.

5. Ayo berolahraga

Kwikku, Ayo berolahraga
Sumber: growupusa.org
Dengan berolahraga, kamu bisa mengambil banyak benefit darinya. Setelah berolahraga, tubuhmu akan menghasilkan serotonin atau happy chemical. Tentu saja kan berpengaruh terhadap pikiranmu. Kamu akan merasa lebih lega dan dapat menangkis rasa khawatirmu saat badanmu segar bugar.

6. Nikmati kecemasanmu

Kwikku, Nikmati kecemasanmu
Sumber: banjarmasin.tribunnews.com
Menikmati dan bergelung dalam rasa cemasmu lalu mengidentifikasi hal-hal yang membuatmu cemas akan lebih efektif daripada harus memikirkan kecemasanmu setiap waktu. Cari solusi dan jalan keluarnya saat kamu menikmati cemas itu.

7. Sibukkan diri dengan hal yang bermanfaat

Kwikku, Sibukkan diri dengan hal yang bermanfaat
Sumber: thefrontporch.com
Kamu punya waktu untuk menyibukkan diri, dan juga untuk merenung. Ketika pikiran teralihkan oleh kegiatan yang positif, rasa cemas tidak akan datang padamu. Beraktivitaslah agar pikiranmu teralihkan dan kamu bisa lebih produktif. Berkebun misalnya.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Nokia Jualan Sepatu, Inilah 10 Masa Lalu Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia
Para Pengendara Greget Supaya Lolos Dari Razia, Salah Satunya Akhirnya Ketahuan!
Sama-Sama Diperankan Luffy, Inilah Bedanya Romance Dawn dan One Piece
Komentar