Gyta N Menulis artikel
@gytaaa

5 Bangunan Belanda yang Masih Berdiri Tegak sampai Sekarang

5 Bangunan Belanda yang Masih Berdiri Tegak sampai Sekarang
Sudah kamu kunjungi semua belum?

Sebagai Negara bekas jajahan Belanda, nggak heran kalau masih ada bangunan-bangunan Belanda hingga sekarang. Sebagian besar memang merupakan bangunan yang kokoh, menggambarkan bahwa mereka tidak membangunnya dengan main-main. Contohnya adalah lima bangunan berikut ini: 

1. Museum Fatahillah, Jakarta

Kwikku, Museum Fatahillah Jakarta
Sumber: wikipedia.org

Sebelum menjadi museum, dulu bangunan ini adalah Balai Kota Batavia. Saat ini sering banget dikunjungi oleh masyarakat sekitar atau wisatawan dari luar kota untuk mengunjungi museum atau sekadar menikmati waktu di halamannya yang luas. Bangunan neoklasik ini dibangun pada tahun 1707 sampai 1712 oleh Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn. Wuih! Berarti sudah berapa ratus tahun tuh?

2. Gereja Katedral, Jakarta

Kwikku, Gereja Katedral Jakarta
Sumber: lionmag.net

Bangunan dengan arsitektur neo-gotik Eropa ini memiliki nama De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Diresmikan pada tahun 1901, perancangnya adalah Pastor Antonius Dijkmans. 

3. Gedung Bank Indonesia, Yogyakarta

Kwikku, Gedung Bank Indonesia Yogyakarta
Sumber: kebudayaan.kemendikbud.go.id

Dulu namanya adalah De Javasche Bank. Dibangun pada tahun 1879 oleh N.V. Architecten-Ingenieursbureau Hulswit en Fermont te Weltevreden en Ed. Cuypers te Amsterdam. Sampai sekarang, ini adalah salah satu bangunan nyentrik di Yogyakarta! 

4. Istana Bogor

Kwikku, Istana Bogor
Sumber: jawapos.com

Istana Bogor dibangun pada Agustus 1744. Sempat diguncang gempa pada 1834 karena letusan Gunung Salak. Namun pada 1850 dibangun kembali. Istana ini adalah istana favorit para presiden karena berada di wilayah Bogor yang sejuk. 

5. Lawang Sewu, Semarang

Kwikku, Lawang Sewu Semarang
Sumber: viva.co.id

Lawang Sewu yang artinya seribu pintu itu dibangun pada tahun 1904. Dulunya adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Sekarang Lawang Sewu masih menjadi pilihan destinasi wisata bila berada di Semarang. Oh iya, Lawang Sewu juga terkenal karena kemistisannya, kamu pasti sudah tahu.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Fakta menarik soal air mani. yg suka buang sembarangan, masuk!
Makin Gagah dan Keren, Minho SHINee Diajak Foto Bareng Jo Jung Min di Korps Marinir
Kiseop, Mantan Member U-KISS Bagikan Kabar Bahagia Pernikahan Melalui Surat Ditulis Tangan
Komentar