Hutomo D Menulis artikel
@symphonia86

Bikin Bangga, 5 Anime Ini Punya Unsur Indonesia Lho

Bikin Bangga 5 Anime Ini Punya Unsur Indonesia Lho
Dari ucapan selamat pagi sampai batik ada di dalam anime-anime ini.

Selain mengambil inspirasi dari negeri sendiri, yaitu Jepang, tak jarang mangaka mengambil inspirasi dari luar Jepang, termasuk Indonesia. Berikut adalah 5 anime yang memiliki unsur Indonesia di dalamnya, yang bisa bikin kita bangga sebagai orang Indonesia.

1. Nichijou - Selamat pagi dan selamat malam

Sumber: animepjm.com

Anime komedi ini menceritakan tentang 3 teman sekolah, yaitu Yuko Aioi, Mio Naganohara, dan Mai Minakami, ditambah dengan satu bocah berkeingintahuan tinggi, yaitu Nano. Yang jadi fokus di sini adalah ucapan Yuko saat masuk ke dalam kelas dengan mengucapkan selamat pagi, dan kemudian dibalas selamat malam oleh Mai.

2. Jormungand - Bajaj, menu minuman Indonesia, rupiah dan nasi goreng

Kwikku, Jormungand  Bajaj menu minuman Indonesia rupiah dan nasi goreng

Anime ini rupanya pernah menjadikan Jakarta sebagai salah satu settingnya. Ada banyak referensi mengenai Indonesia yang bisa kwikkers lihat dalam anime ini, seperti menu es cincau, nasi goreng, penampakan uang rupiah, serta adanya bajaj yang merupakan transportasi beroda tiga.

3. Shokugeki no Soma - Tempe

Siapa sangka makanan merakyat di Indonesia ini justru bisa mendunia lewat anime? Dalam salah satu episode Shokugeki no Soma, terlihat tempenya diolah sehingga menjadi topping mie ramen. Ramen tempe ini adalah karya dari ayah Soma, Joichiro.

4. One Piece - Batik

Sumber: kaskus.co.id

Dari beberapa musuh yang dihadapi Luffy, ada satu musuh yang memiliki unsur Indonesia. Dia adalah God Enel, yang berada di Skypiea. Ada dua unsur Indonesia dari God Enel ini, yaitu motif celananya yang mirip batik, dan juga telinganya yang merupakan telinga khas Suku Dayak.

5. Dragon Ball - Tulisan bahasa Indonesia

Kwikku, Dragon Ball  Tulisan bahasa Indonesia

Anime yang sudah terkenal di dunia ini juga memiliki unsur Indonesia di dalamnya. Contohnya bisa kwikkers lihat pada foto di atas. Nggak nyangka yah ternyata Akira Toriyama juga tertarik dengan bahasa Indonesia.

1
1 none
Yang mungkin kamu suka
9 Tokoh Anime Paling Bijaksana Yang Layak dan Patut Diteladani
Cuma Gara-gara Obito Baper, 5 Kekacauan di Dunia Ninja Ini Terjadi
5 Anime Ini Dianggap Nggak Sesuai Cover, Isinya Ternyata Mengejutkan!
Komentar
2