Gyta N Menulis artikel
@gytaaa

5 Foto Luar Angkasa yang Bikin Kamu Mikir Itu Beneran atau Cuma Fantasi?

5 Foto Luar Angkasa yang Bikin Kamu Mikir Itu Beneran atau Cuma Fantasi
Serasa melihat alam lain!

Istilah kita hanyalah butiran debu ini mungkin benar adanya nih. Atau mungkin lebih kecil dari debu. Karena jika kita melihat foto-foto luar angkasa yang luar biasa ini, kita jadi mikir betapa luasnya alam raya! Nggak jadi sombong deh.

Berikut ini adalah lima foto luar angkasa yang diambil oleh teleskop luar angkasa Hubble, kayak lihat dunia fantasi!

1. Mystic Mountain

Kwikku, Mystic Mountain
Sumber: youtube.com

Mystic Mountain berada di wilayah Nebula Carina, foto ini diambil dari teleskop Hubble. Berisi antara gas dan debu yang kemudian membentuk seperti pegunungan mistik. Mystic Mountain dapat dicapai dengan waktu 7.500 tahun cahaya dari bumi!

2. The Sombrero Galaxy

Kwikku, The Sombrero Galaxy
Sumber: wikipedia.org

Galaxy yang menyerupai topi ini 10 kali lebih besar dari galaksi sekarang kita berada lho. Jaraknya 50.000 tahun cahaya. Namun merupakan galaksi yang paling terang yang dapat dilihat dari bumi tanpa bantuan teleskop. Galaxy ini mempunyai nyaris 2.000 gugus bola bintang.

3. Star Cluster Pismis 24

Kwikku, Star Cluster Pismis
Sumber: spacetescope.org

Jaraknya sejauh 8.000 tahun cahaya dari bumi. Berada di inti nebula besar NGC 6357. Radiasi ultraviolet dari kumpulan bintang itu memanaskan gas di area cluster dan menghasilkan gelembung pada NGC 6357.

4. A Star Factory in the Monkey Head Nebula

Kwikku, A Star Factory in the Monkey Head Nebula
Sumber: nasa.gov

A Star Factory ini merupakan kumpulan dari gas dan di debu di Monkey Head Nebula. Hanya sebagian kecil saja. Jaraknya 6.400 tahun cahaya dari planet kita. Sebagian besar adalah gas hidrogen yang kemudian terionisasi oleh radiasi ultraviolet.

5. Crab Nebula

Kwikku, Crab Nebula
Sumber: youtube.com

Berjarak sejauh 6.500 tahun cahaya dari bumi, Crab Nebula ini ternyata merupakan sisa-sisa supernova atau ledakan mahadahsyat. Crab Nebula sangat padat dan massanya lebih berat 1,5 kali dari matahri. Menurut ahli astronomi dari Cina, nebula ini sangat sesuai dengan supernova yang telah diamati pada tahun 1054. 

1
1 none
Yang mungkin kamu suka
Jalan-Jalan ke Jepang Ingin Kunjungi Toko Cosplay? Pergi ke Tempat Ini Aja
Rusia Liburkan Pekerja Agar Berhubungan Seks di Hari Pembuahan Nasional
Kelewat Kreatif, 10 Usaha Biar Nggak Kemalingan Ini Bikin Tepuk Jidat!
Komentar