Halaman ini mengandung Konten Dewasa. Jika usia kamu dibawah 18 tahun, mohon untuk tidak mengakses halaman ini
Fitur ini untuk akun Premium
Upgrade ke premium untuk fitur lengkap Kwikku
Baca karya premium
Lebih banyak diskon
Fitur lebih banyak
Waktunya berkarya
Jangan tunggu nanti tapi sekarang. Hari ini menentukan siapa kamu 5 sampai 10 tahun kedepan
Hallo Author
Kunjungi halaman author untuk memublikasikan karyamu di Kwikku, mulai dari Novel, Webtoon, Flash Fiction, Cover Book, dan Skrip Film
Kami mencoba menghargai author dari tindakan "Pembajakan", dan kami juga mengharapkan Anda demikian
Paket Berlangganan
Dengan menjadi bagian dari pengguna berlangganan. Kamu bisa mengakses berbagai manfaat yang kami berikan. Selain itu kamu juga bisa membaca ribuan cerita berbayar (yang berpartisipasi) tanpa perlu biaya tambahan
Kamu akan diarahkan ke Aplikasi Kwikku...
Unduh kwikku untuk akses yang lebih mudah
Scan untuk mengakses karya atau profil secara langsung.
Awalnya Tomi sempat bergabung dengan kelompok Aceh Merdeka (AM), sebuah organisasi perlawanan yang dibangun oleh Hasan Tiro. Saat itu, bersama Nyak Raja, sepupunya ,Tomi terlibat dalam beberapa penyerangan terhadap aparat militer Indonesia. Namun, kegemaran Tomi yang suka bermain perempuan membuat Pang Husen geram. Tomi dikeluarkan dari barisan AM dan dijatuhi hukuman sebat.
Melihat sepupunya dikeluarkan dari AM, Nyak Raja mencoba mendekati Pang Husen, menyampaikan berbagai alasan agar Tomi bisa diterima kembali sebagai anggota AM. Atas saran-saran Nyak Raja akhirnya Tomi kembali diterima untuk bergabung dengan pasukan AM. Namun, ketika Daerah Operasi Militer (DOM) mulai diberlakukan pada 1989, Tomi kembali mengulang kesalahannya. Untuk kedua kalinya Tomi dipecat sebagai anggota AM.
Pemecatan itu membuat Tomi berang dan menimbun dendam kepada Pang Husen. Akhirnya Tomi pun memilih jalannya sendiri, jalan yang bukan saja mengubah hidupnya, tapi juga mengubah nasib orang-orang AM.
Novel ini mengingatkan novel memoar Juan de la Rosa, menggali hal-hal yang belum banyak dibahas novelis sebelumnya, serta menyertakan perihal ganjil penuh emosi.
Salah satu contoh novel yg bisa menggambarkan panjang dan melebar itu perlu adanya. Kupikir awal membaca bab bab panjang lebar ini pasti ada maksudnya. Dan itu benar.