Halaman ini mengandung Konten Dewasa. Jika usia kamu dibawah 18 tahun, mohon untuk tidak mengakses halaman ini
Fitur ini untuk akun Premium
Upgrade ke premium untuk fitur lengkap Kwikku
Baca karya premium
Lebih banyak diskon
Fitur lebih banyak
Waktunya berkarya
Jangan tunggu nanti tapi sekarang. Hari ini menentukan siapa kamu 5 sampai 10 tahun kedepan
Hallo Author
Kunjungi halaman author untuk memublikasikan karyamu di Kwikku, mulai dari Novel, Webtoon, Flash Fiction, Cover Book, dan Skrip Film
Kami mencoba menghargai author dari tindakan "Pembajakan", dan kami juga mengharapkan Anda demikian
Paket Berlangganan
Dengan menjadi bagian dari pengguna berlangganan. Kamu bisa mengakses berbagai manfaat yang kami berikan. Selain itu kamu juga bisa membaca ribuan cerita berbayar (yang berpartisipasi) tanpa perlu biaya tambahan
Kamu akan diarahkan ke Aplikasi Kwikku...
Unduh kwikku untuk akses yang lebih mudah
Scan untuk mengakses karya atau profil secara langsung.
Seorang ahli metafisika yang punya rumah di suatu desa, menginginkan seorang mahasiswa yang sedang KKN pada tahun 1997 di desa tersebut untuk membuat suatu simbol di ukiran sengkalan miliknya. Ahli metafisika yang menginginkan pembuatan simbol karena terinspirasi dari pertemuannya dengan seorang Freemason, berhasil "mengail" mahasiswa itu untuk menuruti keinginannya.
Sementara, seorang politikus langganan ahli metafisika tersebut, menginginkan kekuasaannya bertahan di Pemilu 1997. Apa kaitan antara ketiga orang itu? Apa mahasiswa tersebut akan "bebas"? Apa yang dikatakan ahli metafisika itu tentang kejadian di tahun 1998?
Draf ini seperti mempertemukan kembali saya pada bagian akhir novel Ulysses (Joyce, 1922) dalam bentuk butut dan formulaik. Keduanya menyuguhkan narasi igauan yang dipenuhi cecarau intertekstual yang kuat. Anakronisme yang disengaja saat penggambaran setting 98 dalam ambience distopia mengandung risiko besar. Meski saya akui tingkat eror dalam tekstual mengandung banyak sekali anomali yang membuat cerita semakin kaya. Saya abaikan judul bab yang terkesan hanya menonjolkan egosentris penulis tanpa memedulikan pembaca. Ia membutuhkan editor yang telaten untuk menjadikannya lebih mengilat. Draf ini masih mentah, namun memiliki ‘sufiks" dalam kosmologi thrill yang megah. Draf ini pun punya kebaruan dalam tuturan seperti mimpi, serta bagaimana peristiwa-peristiwa terbelah-belah menjadi petunjuk cerita yang membelah diri sehingga menjadi konvergen. Seawam pembacaan belum pernah dicoba oleh penulis lokal.
Kaidah yang berbeda dr cerita kebanyakan ttng Freemansion dan teori konspirasi. Tingkat kerumitan konspirasinya berlapis-lapis. Kadang langsung mudah dipahami, tp lebih sering jadi egg easter dan modal twist di bab2 berikutnya. Penasaran makin gila setelah bab 14. Keren tapi gak mudah langsung dinikmati. Saran: Cuma perlu diedit ulang biar enakkan dikit, Boss.
Jika boleh memberi saran (subjektif), kurangi sedikit simbol dan lebih tekankan ke arah Freemension, dan anatomi metafisikanya pasti akan lebih menarik.
walau ngambil angle freemansion dengan tingkat ketelitian yang ajaib novel Ini bukan tipe novel pemenang juara di platform kekinian. Elemen metafisik di sini juara sih emang. Tapi kaga ada foote note dr mana sumbernya. Misterinya banyak banget, dan makin memecah di bab 20. Mungkin bisa dikurangi jika akan diperbaiki. Bab 20 bener bikin pusing tapi nagih. Cara penceritaannya kagak sastra, malah gamblang and ngepop yg bikin gue betah baca sampai akhir cerita.
Awalnya tersendat2, ninggalin bnyk pertanyaan. Baru bisa masuk ke ceritanya setelah Bab 10. Great energy to understand, butUseful style. Makasih Mas Awan!