Suatu Kisah yang Seharusnya Tak Dituturkan
Telah Selesai
482 Disukai
Suatu Kisah yang Seharusnya Tak Dituturkan
Penulis: Redy Kuswanto
QR Code
11122
Dibaca
Blurb
Jika bukan karena Karta Tawikrana, sang kakak yang tengah sakit parah, tidak mungkin Jaya Wikrama sudi berkunjung ke Aceh. Sebab bagi duda 31 tahun itu, Tanah Rencong telah menjelma nama asing yang bisa disebut dalam dunia dongeng belaka. Mengingatnya, hanya akan menguak luka lama. Terlalu banyak kenangan pilu tertinggal di sana.

Kedatangan ke Aceh, membuat Jaya menemukan banyak kejutan. Ia harus bertemu Saidah, isteri seorang keuchik di Alue Bagok yang sejak awal bertemu telah menolak kehadirannya. Apa pasal? Tak lain hanya karena Jaya adalah adik kandung Karta Tawikrana. Menurut perempuan Aceh itu, Karta adalah pembunuh suaminya dan telah menghancurkan masa depan.

Gagal menyampaikan pesan rahasia kepada Saidah, Jaya memutuskan sejenak berkunjung ke Meulaboh dan tanah transmigran, Desa Sumber Daya. Namun siapa sangka, di kota yang pernah luluh lantak oleh terjangan tsunami itu, ia justru bertemu dengan Pak Sutikno, seorang transmigran dari desa yang sama. Lelaki itu juga memiliki kisah pilu semasa pemberontakan GAM dan selepas tsunami. Yang paling parah, ia harus merelakan tanah surganya menjadi neraka sebab dikuasai ‘para serigala".

Ketika Saidah seolah tiba-tiba menyadari kekeliruannya, ia harus berpetualang bersama Jaya ke Patek. Di sana mereka menemukan sebuah petunjuk yang harus dibawa ke Sumber Daya untuk mengambil 'intan' yang disimpan Karta, sebelum 5 Februari 2020 atau musnah selamanya.

Kedatangan Jaya dan Saidah ke Sumber Daya, bukan saja memburu 'intan' yang tersimpan di rumah impian milik Karta, tetapi hadirnya Tri Sari, calon istrinya di masa lalu yang juga membuka tabir yang lain dari kisah Karta Tawikrana yang disembunyikan. Persoalan pun menjadi pelik. Salah seorang yang selama ini menjadi ‘serigala' bagi penduduk Sumber Daya, ternyata terkait erat dengan kisah masa lalu Karta Tawikrana, Tri Sari dan juga Jaya sendiri.

Bagaimana akhir dari pencarian 'intan' yang ternyata ada di tempat berbahaya itu? Lalu, siapakah Saidah sebenarnya? Bisakah orang-orang yang menjadi ‘serigala" terungkap, dan hubungan apa yang pernah terjalin di antara mereka di masa lalu?
Tokoh Utama
Jaya Wikrama
Karta Tawikrana
Saidah
Tri Sari
Balukiah
Cahya Nilam
Banta
Yoda
Rekomendasi
Drama