Username/Email
Kata Sandi
Alamat Email
Kata Sandi
Jenis Kelamin
“Kiyai… Ceritakan pada saya metafora yang tak mungkin saya dengar dari orang lain,” pinta Fajar pada Kiyai Misbah.
“Kamu tahu, bahwa metafora pertama yang dikedepankan dalam Al Kahfi adalah tentang dua petani yang berselisih. Kisahnya ini bisa diperbandingkan dengan persaudaraan Barata dan Bahubali,” Kiyai Misbah mulai bercerita. “Bahubali ini ibarat petani sederhana yang menggunakan air seperlunya hingga hasil panennya berkecukupan. Sementara Barata ibarat petani rakus yang menggunakan teknologi irigasi yang menyebabkan hasil panen yang berkelimpahan. Kebun mereka dibatasi dengan pohon palma atau sejenis kelapa yang tidak memerlukan banyak air untuk pertumbuhannya. Kedua petani ini sama-sama puas dengan apa yang dihasilkannya. Namun pada saat memperbincangkan potensi masing-masing, Barata seperti berjalan melampaui garis batas pohon palma dan aliran air yang mengalir di antara ke dua kebun itu. Ia mengatakan bahwa ia menghasilkan lebih banyak panen dan anak buahnya lebih kuat. Kemudian ia mengingkari keterlibatan Tuhan di dalamnya dan juga Hari Penghakiman. Ia menganggap kebunnya tidak akan hancur, bahkan mengklaim jika ia dihidupkan kembali setelah mati, maka ia akan diberi sesuatu yang lebih besar dari pada yang telah dihasilkannya. Barata menjadi Cakrawartin atau kaisar universal dari awasarpini, menyajikan setengah siklus waktu sesuai kosmologi Jain. Cakrawartin adalah istilah yang digunakan dalam agama Dharma terutama Hindu dan Buddha untuk merujuk kepada sosok seorang penguasa jagat yang ideal, seorang maharaja yang bijaksana dan welas asih kepada seluruh makhluk di dunia. Namun, Bahubali mengatakan bahwa saudaranya itu telah ingkar kepada Allah yang menciptakannya dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikannya seorang laki-laki yang sempurna. Petani ini meyakini adanya Allah dan tidak akan menyekutukannya. Ia juga berkata, mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan “Mashaa Allah, la quwwata illa billah”. Bahwa sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud, tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu. Maka mudah-mudahan, Tuhanku akan memberikan kepadaku kebun yang lebih baik dari kebunmu ini; dan Dia mengirimkan petir dari langit ke kebunmu, sehingga kebunmu menjadi tanah yang licin atau airnya menjadi surut ke dalam tanah, engkau pun tidak akan dapat menemukannya lagi. Bahubali telah melakukan meditasi dengan tanpa bergerak selama 12 tahun dalam postur berdiri atau kayotsarga dan selama masa itu mendaki tanaman yang tumbuh melalui kakinya. Setelah tahun-tahun meditasi, Bahubali dikatakan telah mencapai kemahatahuan atau Kewala Gyana. Akhirnya, harta kekayaan Barata dibinasakan, lalu dia membolak-balikkan kedua telapak tangannya tanda menyesal terhadap apa yang telah dia belanjakan, sedang pohon anggur roboh bersama penyangganya. Dia pun berkata, “Betapa sekiranya dahulu aku tidak mempersekutukan Tuhanku dengan sesuatu pun.” Barata dikatakan mengakui kehebatan Bahubali yang memiliki rasa kasih dan pengampunan terhadap dirinya dan tidak jadi membunuhnya. Menurut kitab-kitab Jain, Bahubali terbebas dari siklus kelahiran dan kematian atau moksha di Gunung Kailash dan dihormati sebagai roh yang telah dibebaskan atau Siddha oleh penganut Jainisme. Jadi, siapa yang lebih baik daripada kedua adik kakak ini?”
“Bahubali!”